by

Nama Masjid Jami Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas Diberikan Habib Luthfi

Cirebon, Intelmedia.co.id

Masjid di Asrama Polisi (Aspol) Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, sebelumnya bernama Masjid Al Madani. Kini, nama masjid tersebut diganti menjadi Masjid Jami Syarif Hidayatullah dan diresmikan langsung oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Drs. Rudi Sufahriadi, pada Minggu (6/9/2020).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, S.I.K, M.Si, mengatakan, penggantian nama masjid berdasarkan usulan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI, Habib Luthfi bin Yahya, saat proses renovasi dimulai pada tahun lalu.

Nama Masjid Jami Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas Diberikan Habib Luthfi
Nama Masjid Jami Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas Diberikan Habib Luthfi

“Alhamdulillah atas izin dan petunjuk Abah Luthfi nama masjid ini disempurnakan menjadi Masjid Jami Syarif Hidayatullah untuk menghormati dan mengenang Sunan Gunung Jati,” kata Kombes Pol M Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Ia mengatakan, renovasi Masjid Jami Syarif Hidayatullah selesai belum lama ini dan langsung digunakan keluarga besar Polresta Cirebon untuk beribadah meski baru sekarang diresmikan oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Drs. Rudi Sufahriadi.

Masjid Jami Syarif Hidayatullah sendiri didirikan sejak 1999 bersamaan dengan pembangunan Aspol Kaliwadas. Dalam perjalanannya, masjid itupun telah direnovasi beberapa kali dan terakhir dilakukan pada masa Kapolres Cirebo dijabat AKBP Suhermanto.

“Mohon doa restunya agar kami jajaran Polresta Cirebon bisa istiqamah menjalankan amanah Bapak Kapolda Jabar dan Abah Luthfi untuk memakmurkan Masjid Jami Syarif Hidayatullah. Apalagi sekarang sudah direnovasi dan bangunannya lebih besar dan megah,” ujar Kombes Pol M Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, dan jajaran Pemkab Cirebon yang telah berkontribusi aktif membantu renovasi Masjid Jami Syarif Hidayatullah dan Aspol Kaliwadas. Sebab, sejak didirikan pada 1999, rumah-rumah dinas di Aspol Kaliwadas baru kali ini direnovasi dan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Cirebon.

“Terima kasih Pak Bupati dan semua pihak yang telah membantu kami menyempurnakan Aspol Kaliwadas dan segala fasilitas publik di dalamnya. Semoga kita semua selalu diberi rahmat oleh Allah SWT,” kata Kombes Pol M Syahduddi.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Drs. Rudi Sufahriadi, juga menandatangani prasasti peresmian Masjid Jami Syarif Hidayatullah dan Aspol Depok Polresta Cirebon.

Kegiatan itupun turut dihadiri Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Sugir, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, M Luthfi, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, AKBP M Andri, S.Si, Dirpolairud Polda Jabar, Kombea Pol A Widihandoko, SH, PJU Polda Jabar dan Polresta Cirebon, serta lainnya.

(Agus S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed