by

Hadapi Kualifikasi Piala Asia Wanita, Timnas Putri Genjot Latihan

Bogor, Intelmedia.co.id

Menghadapi kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 di Tajikistan akhir September ini, tim nasional (Timnas) sepakbola putri terus menggenjot latihan. Saat ini, timnas wanita kebanggaan Indonesia itu sedang melakukan pemusatan latihan alias training centre (TC) di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Skuat Garuda Pertiwi akan terus melakukan TC hingga 20 September 2021. Nah, dalam upaya untuk memotivasi para pemain Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purnawirawan) Marciano Norman mengunjungi TC Timnas Indonesia putri. Kunjungan dilakukan bertepatan dengan sesi internal game Timnas Wanita yang digelar di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (7/9) pagi.

Tak hanya Ketua KONI Pusat, Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin serta anggota Komite Eksekutif PSSI bidang Sepakbola Wanita, Vivin Sungkono bersama Wakil Sekretaris Jenderal Maaike Ira Puspita juga datang melihat langsung jalannya sesi internal game yang dijalani skuat Garuda Pertiwi.

Ketua KONI Pusat Marciano Norman memberikan motivasi kepada para pemain seusai menjalani internal game.

“Luar biasa hari ini saya sangat senang bisa datang ke sini dan melihat langsung latihan dari para pemain-pemain tangguh sepak bola wanita. Sepanjang game saya melihat semangat tinggi yang ditunjukkan para pemain, ini menjadi spirit yang bagus sebelum menghadapi kualifikasi Piala Asia Wanita di Tajikistan nanti,” kata Marciano Norman.

Motivasi yang sama pun diberikan oleh Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin. Ia memberikan semangat dan pesan kepada para pemain agar selalu fokus untuk memberikan yang terbaik.

“Sangat senang melihat para pemain timnas wanita bisa berlatih dan menggelar sesi latihan di kabupaten Bogor. Menjadi sosok figur publik tidak hanya dari jalur politik saja, tapi bisa dari jalur olahraga seperti yang adik-adik jalani sekarang ini. Semoga timnas wanita ini bisa mengukir prestasi di kancah internasional dan semoga kabupaten Bogor bisa mengikuti jejak perjuangan para pemain Timnas ini,” ungkap Ade Yasin.

Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan Ketua KONI dan Bupati Bogor kepada skuad Garuda Pertiwi.

“Dukungan dan motivasi hari ini sangat berharga. Semoga perjuangan pertiwi-pertiwi masa kini akan membuahkan prestasi ke depannya,” kata Maaike Ira Puspita.

Sementara Pelatih Timnas Putri, Rudy Eka Priyambada mengaku masih banyak evaluasi yang harus dilakukan timnya.

“Hari ini memang tim menang, namun secara permainan tim saya rasa belum maksimal, mulai dari jumlah passing dan perpindahan bola. Permainan yang saya harapkan adalah permainan pintar, dimana para pemain bisa mengatur pola permainan mulai dari kapan bisa mengatur tenaga, koordinasi dan komunikasi. Tetapi setidaknya kekompakan tim sudah terbangun dan dapat terlihat dari permainan hari ini,” ujar Rudy Eka.

Sementara bagi penyerang Timnas Wanita Insyafadya Salsabillah pekerjaan rumah yang harus diperbaiki oleh tim ialah masalah komunikasi, meski timnya berhasil memenangkan pertandingan uji coba hari ini.

“Teman-teman bermain kompak dan menjalankan instruksi taktik dari pelatih dengan baik. Ada sedikit masalah dengan cara berkomunikasi kita di lapangan karena ada beberapa pemain yang baru bergabung, tetapi setidaknya chemistry antar pemain sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,” ujar Insyaf.

Sekedar informasi, Timnas Wanita kini tengah memantapkan persiapan jelang babak kualifikasi Piala Wanita Asia yang akan berlangsung akhir September nanti. Skuat Garuda Pertiwi akan terus melakukan TC hingga 20 September 2021 mendatang. Sebelum bertolak ke Tajikistan, dimana Timnas Wanita tergabung dalam grup C, bersama Singapura. Sebanyak 30 pemain dipanggil untuk mengikuti TC skuat Garuda Pertiwi jelang laga kualifikasi Piala Wanita Asia 2022 yang akan digelar di Tajikistan pada 27-30 September 2021 mendatang. (Nuhman)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed