Peringati Hari Bela Negara 2023, Bupati Imron: Bela Negara Tidak Hanya Dilakukan oleh Aspek Militer

Kabar Daerah34 Dilihat

Cirebon, intelmedia.co.id – Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag., menyebutkan, Hari Bela Negara merupakan momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju seperti yang dicita-citakan.

Menurut Imron, tantangan kedepan semakin tidak terduga. Ancaman bukan hanya sekadar kasat mata, melainkan wabah penyakit, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang membawa dampak dan risiko bagi ketahanan negara.

Setiap warga negara, kata Imron, harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” ujar Imron saat membacakan amanat Presiden RI pada upacara peringatan Hari Bela Negara di Halaman depan Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (19/12/2023).

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Menurutnya, bela negara bukan hanya terkait pada aspek militer, melainkan mampu merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tindakan, harus dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara.

Imron mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Cirebon untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

“Ini semua dalam upaya untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera,” tutupnya.

(Mar)