Hari Buruh, Jayapura Pecahkan Rekor Dunia Bentangkan Kain Merah Putih Terpanjang di Dunia

Nasional120 Dilihat

Jayapura. Pemerintah Kota Jayapura membentangkan kain merah putih sepanjang 11 kilometer. Aksi ini mendapat rekor MURI Indonesia dengan predikat pembentangan bendera terpanjang di dunia.

Penghargaan ini diberikan kepada Pj. Wali Kota Jayapura, Frans Pekei.

“Ini yang terpanjang selama ini. Sebelumnya dipegang Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara sepanjang 7,8 Km yang dibentangkan di Pantai Tiapa, Laloso,” ujar Direktur Marketing MURI, Awan Rahargo, Rabu (1/5/24).

Perolehan rekor ini masuk dalam kriteria superlatif, yakni kegiatan yang terbanyak, terbesar atau terpanjang dan kegiatan yang unik.

Direktur Awan mengatakan MURI ikut bangga karena merah putih ini dipecahkan dari kota paling timur Indonesia, di waktu yang bersamaan dengan momentum bergabungnya Papua ke NKRI.

“Ini menunjukkan bahwa Papua memiliki komitmen dan menyatakan semangat yang luar biasa. Kami bangga karena pemecahan rekor ini justru dari daerah terujung,” beber Direktur Awan.

Pj Wali Kota, Frans Pekei mengatakan prestasi ini merupakan kolaborasi seluruh komponen masyarakat. Mulai dari Forkopimda, para OPD, komunitas, paguyuban dan pihak sekolah hingga perbankan dan tenaga pendidik.

“Saya mengapresiasi semua kerja keras yang sudah dilakukan dan ini menjadi kebanggaan bersama,” tutup Pj Wali Kota.

(Mar)