Anton ST.MM Mengajak Masyarakat Memaknai Arti Berqurban 

Religius180 Dilihat

Rokan Hulu, intelmedia.co.id-  Pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Anton ST.MM, Kadis PUPR Kabupaten Rokan Hulu yang juga akan maju sebagai bakal calon Bupati Rokan Hulu mengajak seluruh masyarakat khususnya muslim Rokan Hulu untuk memaknai lebih dalam arti berqurban.

Anton menekankan pentingnya memahami esensi qurban sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT dan kepedulian terhadap sesama manusia.

“Momen Idul Adha adalah saat yang tepat bagi kita semua untuk merenungkan dan memperdalam makna dari ibadah qurban. Ini bukan hanya tentang menyembelih hewan, tetapi juga tentang keikhlasan, pengorbanan, dan berbagi dengan sesama,” ujar Anton saat berbincang -bincang dengan awak media ini, Senin (17/06/2024).

Anton menegaskan bahwa qurban mengajarkan nilai-nilai mulia seperti ketakwaan, solidaritas, dan empati. Melalui qurban, umat Muslim diajarkan untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putranya, Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan dan ketundukan kepada perintah Allah SWT.

“Saat kita berqurban, kita harus ingat bahwa ini adalah simbol dari ketundukan kita kepada Allah dan bukti nyata dari kepedulian kita kepada mereka yang membutuhkan. Daging qurban yang kita bagikan merupakan bentuk nyata dari solidaritas sosial kita, terutama kepada kaum dhuafa dan fakir miskin,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anton mendorong masyarakat untuk tidak hanya berqurban secara ritualistik, tetapi juga menghayati nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Dia mengajak seluruh umat untuk menjadikan Idul Adha sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat persaudaraan.

“Mari kita jadikan Idul Adha kali ini sebagai momentum untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan mempererat ukhuwah Islamiyah. Dengan berbagi dan peduli, kita bisa menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan sejahtera,” tutup Anton.

Dengan semangat yang disampaikan oleh Anton, diharapkan masyarakat lebih memahami dan menghayati makna mendalam dari ibadah qurban, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta masyarakat yang lebih adil, makmur, dan penuh rasa kasih sayang. ( Darajat)