by

Pesona Alam Danau Suoh Lampung Barat

Sekincau, Intelmedia.co.id

Kabupaten lampung barat memang mempunyai banyak sekali destinasi-destinasi wisata alam yg sungguh exotis dan menawan,baik yg sudah dikelola atau pun yg belum dikelola oleh pemerintah. Nah jika kemarin saya mengulas soal keindahan pekon tigajaya,dan keindahan puncak sumberjaya. Kali ini kita akan mengulas soal keindahan danau suoh.

Jika anda pernah ke lampung barat pasti anda tahu dengan danau ranau,danau yg terkenal sangat mempesona dengan dikelilingi gunung seminung di keliling nya, Namun tahukah anda bahwa selain Danau Ranau yang terkenal itu, Lampung Barat juga masih memiliki satu lagi danau yang berpotensi besar menjadi tujuan wisata populer, yaitu Danau Suoh. Danau ini dapat dicapai dengan melakukan perjalanan melalui kecamatan Batu Brak atau kecamatan Sekincau dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan. Namun jika anda melalui jalur sekincau-suoh bisa hingga 4-5 jam perjalanan, Dikarenakan jalan nya masih jalan tanah merah yg ketika hujan turun akan sulit untuk dilalui.

Danau Suoh terletak di dusun Kalibata, Desa Sukamarga,Kecamatan bandar negeri suoh, Kabupaten lampung barat, Provinsi lampung. Tempat danau ini berada pada ketinggian1.200mdpl.

Area Danau Suoh adalah “kompleks” yang terdiri dari empat danau, yaitu: Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Nama-nama danau ini menurut warga sekitar dilaporkan diambil dari kondisi di sekitar danau. Misalnya, nama yang diberikan ke danau Asam) adalah karena air danau rasanya sangat asam. Sekitar 300 meter di sebelah selatan danau ada danau minyak yang permukaan airnya seperti minyak mengambang.

Selanjutnya, nama Danau Belibis diambil dari kawanan belibis yang sering datang untuk mencari ikan. Kondisi Danau Belibis tidak terpelihara dan ditumbuhi rumput liar di sekitar danau. Sementara itu, Danau Lebar tidak dikenal untuk arti atau kondisi.

Selain danau, di wilayah Suoh juga ada energi panas bumi yang cukup besar dan jika dikelola dengan baik dapat dikembangkan sebagai objek wisata dan potensi sumber energi baru di Lampung Barat. Lokasinya berada di bawah gunung, mengelilingi area antara hutan dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Di tempat ini ada puluhan lubang seukuran kolam yang mengeluarkan gelembung seperti air mendidih dan ketika mencapai permukaan akan mengeluarkan suara dan asap dan baunya seperti belerang. Oleh masyarakat setempat lubang-lubang itu diberi nama Keramikan, Pasirkunig, Gunung Goyang, dan dilindungi dan diberi penghalang dengan kayu sehingga tidak terinjak oleh pengunjung.

Liputan Intelmedia.(_sul_)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed