Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, Kodim 0625/Pangandaran Gelar Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

Berita TNI74 Dilihat

Pangandaran, intelmedia.co.id-  Sabtu 29 Juni 2024, Kodim 0625/Pangandaran menyelenggarakan kegiatan pembinaan pramuka Saka Wira Kartika yang bertempat dilapangan Paraduta Kodim 0625/Pangandaran, Dsn Sidahurip, Desa Cintakarya, kecamatan Parigi, kabupaten Pangandaran.

Saka Wira Kartika merupakan salah satu satuan karya dalam gerakan pramuka yang dibina oleh TNI Angkatan Darat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kebangsaan para peserta dalam bidang kepramukaan dan bela negara.

Upacara pembukaan kegiatan ini dibuka langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0625/Pangandaran, Letkol Inf Indra Mardianto Subroto, M.IP, dengan tema “Bersatu dengan alam membentuk generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, dan peduli lingkungan.”

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Kasi Ter Korem 062/TN Letkol Inf Komarudin, ketua ranting Saka Wira Kartika Lettu Inf Agus Purwadi, para kepala ranting Saka Wira Kartika diwilayah Kodim 0625/Pangandaran, ketua kwarcab gerakan pramuka Pangandaran, ketua Kwaran se-Pangandaran, dan DKC Pangandaran.

Dalam arahannya, Letkol Inf Indra Mardianto Subroto menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan perkemahan ini adalah untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa di masa depan.

“Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, berakhlak mulia, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa,” ujar Dandim.

Selain itu, kegiatan pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi muda yang diwadahi dalam lima Krida, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountenering, Krida Pioneering, Krida Survival, dan Krida Penanggulangan Bencana.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, dan peduli lingkungan,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda dapat semakin dipupuk dan ditingkatkan, sehingga mereka siap menjadi penerus bangsa yang tangguh dan berdedikasi tinggi. (Sarman)