by

Bupati Lampung Barat Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Dari Provinsi Lampung

Lampung Barat, Intelmedia.co.id – Bupati Lampung Barat Hj. Parosil Mabsus menghadiri sekaligus menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Provinsi Lampung Tahun 2020 se-Kabupaten/Kota serta Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE,.M.Si, di Mahan Agung, Kota Bandar Lampung, Sabtu (27/11/2021).

Acara ini dihadiri Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Ibu Fitrianita Damhuri. S.STP, M.Si, Wakil Ketua 2 DPRD Provinsi Lampung Ibu Ririn Kusuantari, Para Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, dan Para Pejabat Forkopimda Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam sambutannya mengucapakan Terima kasih kepada Menteri PPPA, Arinal juga menyampaikan bahwa dirinya terus mengupayakan pemberdayaan perempuan agar dapat berkontribusi positif dalam pembangunan serta mengupayakan dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk menjadikan generasi penerus yang berkualitas.Hal tersebut menjadi komitmen Saya dalam agenda kerja sampai dengan tahun 2024 yaitu mewujudkan Perempuan Berjaya dan Lampung Ramah Perempuan dan Anak,”.

Terima kasih kepada Menteri PPPA atas dukungannya, sehingga pada tahun 2022 seluruh Kabupaten/Kota mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik untuk pencegahan maupun penanganan korban kekerasan perempuan dan anak, selain dua Kabupaten yang telah ditetapkan oleh Kementerian PPPA sebagai percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, yaitu Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Tulang Bawang.

Bupati Lampung Barat Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Dari Provinsi Lampung

Di tempat yang sama, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawati, ia berharap bahwa melalui penganugerahan tersebut, Gubernur, Bupati, Walikota dan Pemangku Kepentingan lainnya dapat termotivasi untuk menghasilkan kebijakan yang responsif gender dan ramah anak yang diwujudkan dalam bentuk Perda, Pergub, Perbup, ataupun Perwali. “Karena pencegahan dan penanganan terhadap kasus-kasus kekerasan dan pemberdayaan perempuan tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi,”.

Menteri PPPA mengapresiasi Gubernur Lampung terkait dengan telah terbentuknya UPTD PPA yang tidak hanya di tingkat Provinsi, tapi juga di seluruh 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

“Kami dari Kementerian PPPA mengapresiasi Gubernur yang telah mendorong para Bupati dan Walikota dalam pembentukan UPTD, saya titip perempuan-perempuan pra sejahtera kepada Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta meminta kepada para Bupati dan Walikota untuk mendampingi Perempuan Kepala Keluarga agar berdaya secara ekonomi,” Tandasnya.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed