Negara Indonesia Menjadi Tuan Rumah World Water Forum ke-10 Yang Diselenggarakan Di Bali

Bali, Intelmedia.co.id – World Water Forum atau Forum Air Dunia diselenggarakan setiap tiga tahun sekali atas kerjasama Dewan Air Dunia dan negara tuan rumah, dimana Indonesia sebagai tuan rumah Forum Air Dunia ke- 10 pada tahun 2024 ini. Pengelolaan air yang adil dan merata di seluruh dunia menjadi salah satu isu penting dalam World Water Forum ke-10 yang segera digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Forum ini menyediakan platform unik di mana komunitas air dan pengambil keputusan utama dapat berkolaborasi dan membuat kemajuan jangka panjang dalam mengatasi tantangan air global. Forum ini mempertemukan peserta dari semua tingkatan dan bidang, termasuk politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta.

Selama bertahun-tahun, jumlah orang yang berpartisipasi dalam Forum telah meningkat dari beberapa ratus menjadi puluhan ribu, baik dari komunitas internasional maupun negara tuan rumah. Berdasarkan momentum ini, Dewan mendorong masyarakat untuk bergabung dalam upaya Forum dan memperkuat kemampuan seluruh dunia untuk menanggapi tantangan terkait air saat ini.

Bekerja sama dengan Dewan Air Dunia, Indonesia akan menyelenggarakan Forum Air Dunia pada tahun 2024. Forum Air Dunia merupakan acara multipihak untuk memaparkan misi, pandangan, dan pencapaian komunitas air.

Tujuan utama Forum Air Dunia adalah:

1. Untuk meningkatkan pentingnya air dalam agenda politik;
Untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pengambil keputusan, bidang air dan profesional lainnya, media dan masyarakat luas mengenai isu-isu air dunia yang menjadi perhatian kritis;
2. Untuk mendukung pendalaman diskusi menuju penyelesaian permasalahan air internasional;
3. Untuk menyediakan platform untuk bertukar pandangan, informasi dan pengetahuan mengenai isu-isu terkini dan informasi terkait air global;
4. Untuk menyajikan pengetahuan tentang penilaian air global, tantangan dan solusi potensial;
5. Untuk menghasilkan komitmen politik untuk perbaikan pengelolaan air.

Forum Air Dunia berupaya semaksimal mungkin untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang geografis dan sektoral untuk berdiskusi secara terbuka. (San)

Tinggalkan Balasan