by

Tutup TMMD Ke-109, Pangdam III/Siliwangi Ajak Komponen Masyarakat Bangun Dan Pelihara Semangat Gotong Royong Sebagai Warisan Budaya Bangsa

Tasikmalaya, Intelmedia.co.id

Selama 1 bulan sejak 22 September 2020, prajurit bersama Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-109 yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat menutup TMMD ke-109 tahun 2020 bertempat di Kantor Desa Mekarsari Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (21/10/2020).

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi mengatakan bahwa, kebersamaan merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program TMMD ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di 4 lokasi yaitu di wilayah Kodim Tasikmalaya, Kodim Indramayu, Kodim Bogor dan Kodim Pandeglang, berhasil mengerjakan program fisik berupa pembukaan jalan poros desa, pembangunan jalan, pengerasan jalan, pembuatan bahu jalan, pembuatan parit jalan, pembuatan PJU, pembangunan rutilahu, drainase, gorong-gorong, rehab masjid dan mushola, MCK serta Pos Yandu.

Tutup TMMD Ke-109, Pangdam III/Siliwangi Ajak Komponen Masyarakat Bangun Dan Pelihara Semangat Gotong Royong Sebagai Warisan Budaya Bangsa
Tutup TMMD Ke-109, Pangdam III/Siliwangi Ajak Komponen Masyarakat Bangun Dan Pelihara Semangat Gotong Royong Sebagai Warisan Budaya Bangsa

Sedangkan pencapaian program non fisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, hukum dan kamtibmas, lingkungan hidup dan kehutanan, pertanian, peternakan, perikanan, KB Kesehatan, bahaya narkoba, pemberdayaan UMKM, kampung KB, pembuatan kartu pencari kerja serta 10 program PKK.

“Apa yang telah dilakukan oleh prajurit TNI ini dapat membantu masyarakat, terutama dibidang ekonomi dan apa yang telah dibangun melalui program TMMD ke-109 ini agar dijaga dan dipelihara sehingga masa pakainya dapat lebih lama,” harap Pangdam.

Dengan mengusung tema TMMD Pengabdian Untuk Negri Pangdam III/Siliwangi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus membangun dan memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa, sekaligus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, Indramayu dan Pandeglang Banten yang akan melaksanakan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti, agar bersama-sama dengan TNI, Polri, Pemda dan unsur terkait untuk menciptakan wilayah yang kondusif sehingga rangkaian kegiatan Pilkada dapat berjalan aman, lancar dan tertib

Ia juga mengatakan seperti Pemilu sebelumnya, Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif maupun Pilkada, TNI tetap menjunjung tinggi Netralitas tidak berpihak serta tidak akan memberikan dukungan terhadap salah satu pasangan calon tertentu dan akan menindak tegas kepada prajurit yang terbukti melanggar Netralitas,” tegas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Pada penutupan TMMD ke-109 ditandai dengan penandatanganan naskah dan penyerahan hasil TMMD dari 4 org Dansatgas TMMD ke-109 kepada Pemda masing-masing yang diterima Bupati setempat yang disaksikan Pangdam III/Siliwangi dan seluruh tamu undangan.

Usai resmi menutup TMMD ke-109 tahun 2020, Pangdam III/Siliwangi mengunjungi lokasi TMMD dan meresmikan jalan dengan menandatangani prasasti dilanjutkan dengan pengecekan jembatan hasil TMMD.

(Iyant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed