by

Waduh!! 61 Persen Orang Indonesia Pelototi HP

Jakarta, Intelmedia.co.id

Sebanyak 61,8 persen orang Indonesia yang memiliki telepon seluler (Ponsel) alias hand phone (HP) rela menghabiskan waktu berjam-jam memelototi layar ponsel. Jumlah 61,8 persen itu setara dengan 170 juta orang penduduk Indonesia. Ratusan juta warga +62 ini begitu netizen biasa menyebut ternyata aktif bermain media sosial (medsos) via HP. Masifnya penggunaan medsos ini menjadi salah satu pemicu konsumsi internet.

Demikian hasil survey yang dilaporkan We Are social. Perusahaan asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite ini pada Januari 2021 melakukan survey ke pengguna aktif medsos. Hasilnya, awal tahun 2021 pengguna medsol bertambah 6,3 persen atau setara 10 juta pengguna dibandingkan pada Januari 2020.

Jika dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 274,9 juta jiwa, maka 61,8 persen diantaranya aktif di medsos. Sementara itu, diketahui, pengguna internet Indonesia terkini mencapai 202,6 juta.

Menariknya, dari 170 juta pengguna aktif medsos di Indonesia itu, 168,5 juta mengaksesnya melalui perangkat mobile, seperti smartphone. Fakta lainnya adalah, We Are Social dan Hootsuite menyebutkan rata-rata pengguna medsos Indonesia bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam 14 menit per harinya.

Dari segi usia pengguna medsos, laporan ini memperlihatkan bahwa warga dengan rentang usia 25-34 tahun mendominasi. Setelah itu kelompok usia 18-24 tahun.

Pada laporan ini juga, We Are Social dan Hootsuite juga menganalisa terkait platform medsos yang paling banyak digunakan dalam sebulan terakhir pengguna internet dari usia 16 sampai 64 tahun.

We Are Social dan Hootsuite mengungkapkan jumlah pengguna berbagai medsos populer di Indonesia adalah Facebook sebanyak 140 juta pengguna, YouTube sebanyak 107 juta orang dan Instagram sebanyak 85 juta orang.

(Nuhman)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed