by

Tujuh Belas Ekor Gajah Liar Masuk Ke Perkebunan Dan Pemukiman Warga Di Pekon Gunung Ratu

Lambar, Intelmedia.co.id

Sebanyak tujuh belas ekor gajah liar yang berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan(TNBBS), Tepat nya di Pekon Gunung Ratu,Dusun Pedukuhan,Kecamatan Bandar Negeri Suoh,Kabupaten Lampung Barat.

Kawanan gajah tersebut menurut keterangan salah dari seorang warga setempat, Suryadi yang juga (Anggota BAINHAM-RI)Lampung barat, Sebelum nya kawanan gajah tersebut sudah di giring untuk masuk kembali ke kawasan hutan TNBBS.

Namun, dalam empat hari belakangan ini kawanan gajah tersebut kembali lagi masuk ke pemukiman dan perkebunan warga bahkan kawanan gajah tersebut telah sampai di belakang lokasi pom bensin. Akibat masuk nya ketujuh belas kawanan gajah tersebut, pemukiman dan perkebunan warga empat rumah warga menjadi rusak yakni rumah Sarman,Sartimin,Hardi dan Kastam, Serta kawanan gajah juga merusak tanaman di tanah marga milik warga setempat,namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, Upaya penggiringan kawanan gajah tersebut pun telah dilakukan oleh masyarakat setempat beserta Balai Konservasi bekerjasama dengan mahot (pawang gajah) tetapi belum membuahkan hasil,sepuluh hari setelah dilakukan penggiringan kawanan gajah tersebut kembali turun ke pemukiman dan perkebunan warga.

Masih kata Suryadi, ketika kami tanyakan apa yang menjadi harapan masyarakat sekitar, Beliau menjawab “Harapan masyarakat kepada pemerintah agar kawanan gajah tersebut dapat dievakuasi jauh dari pemukiman warga,” ujarnya.

Seperti diketahui konflik antara gajah dan manusia di Kecamatan Suoh,Kabupaten Lampung Barat,ini memang sudah berlangsung lama, Faktor utamanya adalah karena kawasan habitat mereka yang semakin kecil dan sumber makanan mereka di dalam hutan yang makin menipis.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed