by

Parosil Akan Segera Konsolidasi Dengan Pengurus KONI dan Cabor di Lambar

Lampung Barat, intelmedia.co.id – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat, Parosil Mabsus, mengatakan akan segera melakukan konsolidasi dengan seluruh Pengurus KONI dan Pengurus cabor di Lampung Barat.

Ini terkait sudah adanya kepastian hukum kepengurusan KONI Lampung Barat, dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) dari KONI provinsi Lampung, yang secara langsung diserahkan Ketum KONI Lampung kepada dirinya di Kantor KONI Lampung Gedung Sumpah Pemuda Way Halim Bandar Lampung, Jumat 15 April 2022.

“Ini SK adalah salah satu bukti secara de jure bahwa kami sudah bisa mulai bekerja, meskipun belum dilantik. Karena secara hukum kami sudah punya dasar. Kenapa demikian, setiap kegiatan kami tentu akan berhubungan dengan berbagai hal yang perlu dipertanggungjawabkan termasuk penggunaan dana,” kata Parosil kepada awak media usai penerimaan SK di Bandar Lampung.

Parosil menegaskan bahwa dalam bekerja harus melalui system, yang mana satu persatu perencanaannya secara jelas.

“Hari ini saya sudah bisa melakukan pekerjaan untuk KONI. Namun saya harus mengumpulkan seluruh komponen pengurus yang Bersama saya mengurus KONI Lampung Barat. Dari mereka banyak masukan dan saran sebagai Langkah untuk membuat program ke depan, termasuk Porprov 2022,” ujar Bupati Lampung Barat itu.
Bahkan, kata dia, terkait Proprov yang akan dilaksanakan akhir tahun ini, KONI Lampung Barat harus memetakan secara bijak.

“Porprov sebentar lagi. Tentu kami punya target dan sasaran khusus yang didasari pada kemampuan dan potensi yang ada di Lampung Barat. Kami akan melihat data dulu, sebelumnya bagaimana, lalu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi iven yang akan dating,” tutur adik kandung Mukhlis Basri itu.

Terkait olahraga unggulan Lampung Barat, parosil mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan Cabor sebuah unggulan. Salah satunya pembinaan dan sarana pra sarana.
Pencak Silat misalnya, lanjut Parosil, olahraga ini tumbuh di tengah masyarakat dengan baik. Karena selain sebagai cabang olahraga, keterkaitan Pencak Silat juga dengan unsur budaya kedaerahan yang sangat erat.
Selain itu, menurut Parosil ada potensi dari cabor Bulutangkis, Atletik dan sebagainya, bisa segera dimaksimalkan. Di Lampung Barat, sebenarnya dukungan infrastrukturnya sudah cukup baik.

“Intinya, kami tentu akan memberikan pelayanan dan pembinaan terbaik untuk olahraga Lampung Barat. Terutama dalam persiapan Porprov nanti, meskipun juga tetap ada kendala dalam hal dukungan dana. Tapi semua bisa diupayakan sedemikian rupa,” katanya.

Soal Atlet Porprov, Agar Segera Dibuat Aturan Pakemnya
SPORT/Bandarlampung/16042022
Pada setiap pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan se-level Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) memang hamoir selalu ditemukan berbagai persoalan di lapangan, terutama dalam pendaftaran atlet. Meskipun tidak selalu muncul, namun perlu diwaspadai sejak awal.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Yusuf S. Barusman mengingatkan agar dalam Porprov IX yang meskipun masih tentatif pada bulan November 2022, harus diupayakan seaman mungkin dari hal-hal kecurangan-kecurangan terkait status atlet yang menjadi wakil dari KONI daerah.

Salah satunya adalah tentang perpindahan atlet dari satu daerah ke daerah lain sepanjang masih dalam lingkup provinsi Lampung, juga ada kemungkinan bahwa daerah tertentu memanggil atlet yang selama ini kuliah di daerah lain.

“Ya dibuat saja acara sedemikian rupa yang dibuat bersama-sama KONI Kabupaten Kota se Lampung. Administrasi yang jelas sangat diperlukan. Misalnya dengan dibuktikan KTP elektronik atau bukti lain agar bisa membatasi kemungkinan “mengimpor atlet” dari luar Lampung,” katanya.

Dia mencontohkan, misalnya ada Mahasiswa Lampung yang kuliah di luar daerah se Indonesia, boleh saja turut didaftarkan kontingen daerah tertentu, asal persyaratannya jelas dan tidak dibuat-buat.

“Terpenting dibuat aturan dan persyaratan yang jelas sejak awal. Sehingga semua pihak memahami dan menyetujuinya. Tujuan Prorpov yang terpenting dalah memunculkan potensi dan bakat-bakat atlet baru di semua cabang olahraga sebagai bentuk pembibitan jangka panjang,” tambah Rektor UBL itu.

Ini menjadi penting, karena pesta akbar se provinsi ini harus jauh dari perbuatan non sportif yang akan menodai nilai-nilai sportivitas dalam olahraga.

Yusuf juga mengingatkan bahwa Porprov ini adalah hajatnya pemerintah Provinsi Lampung, dimana KONI sebagai mitra Pemprov akan berkonsultasi dan menjalankan tugas teknis dengan cermat dan tepat.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed