Inilah Obat Herbal yang Bisa Bantu Mengatasi Sakit Lutut dan Sendi

intelmedia.co.id – Sakit lutut dan sendi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada berbagai kalangan usia. Masalah ini memengaruhi kualitas hidup seseorang dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegahnya juga bisa membaca artikel mengenai Ketahui Cara untuk Mencegah Terjadinya Masalah pada Sendi.

Meskipun terdapat banyak obat-obatan kimia yang tersedia untuk mengatasi masalah ini. Namun, beberapa orang lebih memilih menggunakan obat herbal sebagai alternatif. Herbal apa saja yang bisa digunakan untuk atasi sakit lutut dan sendi.

Berikut ini beberapa obat herbal yang membantu mengatasi sakit lutut dan sendi. Dilansir dari halodoc.com:

1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan herbal yang penggunaannya sering terdapat pada masakan dan obat-obatan tradisional. Bahan herbal ini mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut dan sendi.

2. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu bahan herbal yang sering terdapat dalam masakan dan obat-obatan tradisional. Kandungan senyawa gingerol pada jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut dan sendi.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi. Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

4. Daun Salam

Daun salam mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut dan sendi. Tanaman herbal ini mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat analgesik.

5. Temulawak

Temulawak adalah bahan herbal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit lutut dan sendi. Kandungan senyawa kurkumin yang terdapat pada temulawak, memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut dan sendi.

6. Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi. Senyawa ini juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

7. Pegagan

Pegagan mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi. Senyawa ini juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen.

8. Boswellia

Boswellia atau kemenyan telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan tradisional. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi permasalahan pada radang sendi.

9. Kayu Putih

Eucalyptus adalah obat yang tersedia yang digunakan orang untuk berbagai kondisi. Ekstrak daun kayu putih berperan sebagai obat topikal untuk mengobati nyeri radang sendi. Daun tanaman mengandung tanin, yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang berhubungan dengan radang sendi.

(Hendra)