POSBAKUMADIN Tanggamus,Gelar Kegiatan Penyuluhan Hukum Gratis.

Ragam Berita41 Dilihat

Kota Agung – Posbakumadin Tanggamus gelar kegiatan Penyuluhan Hukum gratis ,dalam Tema Pemberdayaan dan peningkatan kwalitas Masyarakat cerdas Hukum,

Hukum adalah satu buah tatanan yang wajib ada dalam sebuah negara dalam menjalankan roda pemerintahan.

Melalui hukum lah kehidupan sosial kemasyarakatan berjalan sesuai tupoksi nya berdasarkan ketentuan yang ada.

Dengan Hukum juga keadilan sosial dapat di tegak kan.

Masyarakat Pekon Kota Agung kecamatan Kota Agung kabupaten Tanggamus.

Melalui kepala pekon terpilih hasil pesta demokrasi pemilihan kepala pekon 2022 ibu Neneng Rohani mengajak masyarakat untuk bersama sama belajar tentang hukum dan cara memyikapi ketika tersandung permasalahan hukum.

Yang mana dalam penyuluhan tersebut turut hadir aparat penegak hukum ( APH ) Bhabinkantibmas pekon Kota Agung Briptu Setia yang di dampingi oleh Aipda Putra Alam ( Kanit Bhabinkantibmas Polsek Kota Agung ) serta Jajaran Pengurus Posbakumadin, Randy Kurniawan SH, Wildan, Aguz Faisal dan Iswandi serta tokoh masyarakat Pekon Kota Agung. Rabu 05 Oktober 2022.

OK Armed Ripanding SH MH ketua Posbakumadin kabupaten Tanggamus menjelaskan 4 tahun sudah Posbakumadin hadir di kabupaten Tanggamus untuk memberikan bantuan Hukum kepada masyarakat tidak mampu terkait Pidana,Perdata dan Tata Usaha Negara.

Banyak masyarakat yang belum begitu memahami ketika masyarakat berhadapan dengan hukum langkah langkah apa yang harus di lakukan.

Sosialisasi Hukum kepada masyarakat ini sangat lah penting sekali agar masyarakat mendapatkan Hak Hak Hukum nya dan PosbakumAdin memberikan pelayanan itu secara gratis dengan catatan benar benar warga yang tidak mampu dengan bukti surat dari Pekon/Desa.

Randy Kurniawan SH menerangkan agar masyarakat jangan pernah takut dalam memperjuangkan hak hak hukum nya sebagai warga negara.

Sebagai masyarakat kita tidak boleh masa bodo terhadap hukum dan ketentuan nya namun setidak nya kita harus tau alur dan perjalanan proses hukum itu sendiri.

Salah dalam melangkah ketika tersandung permasalahan hukum bisa berakibat fatal bagi kita semua,maka di butuhkan pengetahuan perihal hukum itu sendiri.

Aipda Putra Alam mengatakan Polri hadir di tengah masyarakat melalui bhabinkantibmas sebagai perwakilan nya merupakan upaya Polri dan bentuk nyata bahwa Polri itu milik masyarakat juga.

Jangan pernah ragu dan takut untuk bercerita kepada Polri terkait permasalahan yang sedang di hadapi masyarakat,bersama aparatur Pemerintah Pekon, Polri akan selalu bersinergi guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Banyak langkah langkah atau solusi yang akan di berikan oleh pihak pekon dan Polri jika terjadi permasalahan yang di hadapi agar permasalahan tersebut selesai di tingkat desa melalui rembuk Desa.

Antusias cukup tinggi di berikan masyarakat pekon kota agung dalam agenda penyuluhan hukum tersebut terbukti dengan tanya jawab diantara mereka.

Beberapa pertanyaan masyarakat seputar Sengketa Lahan,Status hukum Poliandri/Poligami,Hutang Piutang,Narkoba dan lain lain.

Yang semua pertanyaan tersebut dapat di jawab oleh team Posbakum adin serta Pihak Kepolisian.

Darsito sebagai perwakilan masyarakat merasa berterima kasih kepada Kepala Pekon dan jajaran nya,Kepolisian Polsek Kota Agung serta Posbakumadin Tanggamus atas wawasan serta ilmu yang di bagikan kepada kami sebagai masyarakat awam.

Harapan nya agar kegiatan seperti ini dapat di jadikan agenda rutin,sebab ini sangat bermanfaat sekali. (WLD).

Tinggalkan Balasan