by

Bupati Cirebon: Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 Harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

Cirebon Kota, Intelmedia.co.id – Ketua OSIS tingkat SMPN se-Kabupaten Cirebon mengikuti acara Sosialisasi tentang Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 di SMPN 1 Sumber, Selasa (21/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Cirebon, sekaligus Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan dan Kejuangan 45 Kabupaten Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Deni Supdiana dan para guru pembimbing.

Bupati Imron mengatakan, nilai nasionalisme dan kejuangan tidak datang serta merta. Namun harus ditanamkan sejak usia dini dari mulai taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

“Pada kegiatan ini ada dua generasi, generasi lama dan baru, sehingga para siswa harus ditanamkan nilai-nilai Kejuangan 45. Karena mereka merupakan generasi ke depannya, ” katanya.

Imron menjelaskan, ke depannya banyak tantangan yang dihadapi para generasi muda. Sebab, sekarang bangsa Indonesia sedang berjuang melawan wabah Covid-19.

“Bagaimana kita ikut berjuang melawan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan cara yang terbaik yakni mematuhi anjuran pemerintah terkait prokes. Dan yang terpenting adalah melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu, kata Imron, para generasi muda ke depan harus bisa mengubah pola hidup. Sebab, tantangan ke depan semakin nyata dalam kehidupan.

“Anak sekolah itu harus sekolah yang benar. Karena mereka akan melawan kebodohan dan kemiskinan. Kalau mereka pintar setidaknya mereka tahu tentang ekonomi, sosial, budaya pembangunan. Serta mereka bisa untuk mengubah diri sendiri atau orang lain untuk lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DHC Badan Pembudayaan dan Kejuangan 45 Kabupaten Cirebon, Deni Agustin mengatakan, pihaknya berupaya dalam melestarikan nilai-nilai kejuangan 45 kepada generasi muda.

“Dengan harapan semangat juang 45 ini bisa dijadikan juga sebagai modal dalam rangka mengisi pembangunan daerah. Sehingga ada estafet nilai-nilai dan semangat juang pada generasi penerus,” ucapnya.

Deni mengungkapkan, DHC Badan Pembudayaan dan Kejuangan 45 Kabupaten Cirebon akan terus melakukan sosialisasi terhadap generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai Kejuangan 45.

“Kegiatan ini diikuti 80 Ketua OSIS SMP se-Kabupaten Cirebon dan 20 siswa SMPN 1 Sumber jadi total peserta 100 orang. Ke depan kita rutin lakukan kegiatan ini, dalam waktu dekat kita akan menyasar ke tingkat SMA, SMK, Ponpes. Sehingga nilai-nilai Kejuangan 45 bisa terwarisi kepada generasi muda kita,” katanya.

(Fjr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.