Program Kelingan Resmi Dilaunching, Pemerintah Jemput Bola Permudah Layanan Adminduk

Cirebon, Intelmedia.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan sejalan dengan tuntutan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon gelar launching Kelingan Adminduk di Pendopo Bupati Cirebon, Senin (13/5/2024).

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva’i, M.Pd mengapresiasi program inovatif tersebut, proyeksi yang diinginkan Pak Bupati, yaitu pelayanan lebih mudah dan lebih cepat.

Kata Hilmy, dengan program Kelingan ini, pihaknya memiliki kegiatan atau program yang mempercepat pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam rangka pemenuhan kebutuhan layanan administrasi kependudukan yang masih rendah, maka pemerintah harus hadir, salah satunya inovasi ini.

“Program Kelingan ini sifatnya jemput bola, yang semula semua pelayanan di kantor. Jadi, semua akan dikerahkan di tingkat kecamatan, bahkan Perbupnya sedang disusun, ada pelimpahan kewenangan yang disampaikan ke kecamatan. Bahkan di seluruh 40 kecamatan sudah mendapatkan fasilitasnya, berupa komputer dan pelatihan,” jelas Hilmy.

Dirinya juga mengapresiasi pengelolaan kegiatan penyelenggaraan Adminduk Disdukcapil Kabupaten Cirebon, yang telah mencapai target nasional melalui penilaian kinerja Kepala Disdukcapil pada tahun 2024.

Program Kelingan Resmi Dilaunching, Pemerintah Jemput Bola Permudah Layanan Adminduk

Hilmy juga mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya berharap kepada kepala perangkat daerah, agar mengacu pada data kependudukan dan berbasis NIK, serta perjanjian kerjasama dengan Disdukcapil agar data di Kabupaten Cirebon bisa satu data.

“Selain itu, saya berpesan kepada para camat, agar membuat data dengan mengedepankan perjanjian kerjasama (PKS) antar desa dengan Disdukcapil, agar dapat menjadi evaluasi program kerja di kecamatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat, dr. Berli Hamdani Gelung Sakti, MPPM., mengatakan, untuk program jemput bola semua Disdukcapil di Jawa Barat sudah melakukan hal tersebut.

Namun, kalau Kabupaten Cirebon lebih bersifat proaktif, keliling bahkan sampai menginap di desa, dan ini baru di Kabupaten Cirebon.

“Ini merupakan inovasi yang sangat luar biasa, mudah-mudahan bisa direplikasikan oleh teman-teman Disdukcapil kabupaten/kota di Jawa Barat,” kata Berli.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, H. Iman Supriadi, S.Sos., M.Si menambahkan, launching program Kelingan ini merupakan pengaplikasian makalah sewaktu pihaknya melaksanakan pendidikan.

Layanan Kelingan ini nantinya, sangat membantu masyarakat Kabupaten Cirebon, mulai dari perekaman e-KTP dan pencetakan administrasi kependudukan lainnya.

“Jadi, kami bisa langsung melayani masyarakat hingga ke pelosok-pelosok dan bisa keliling kemana-mana.Dan dengan adanya kendaraan ini menjadi sangat efektif dan efisien,” tukasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan