by

Ini Daftar Kepala Negara yang sudah Lakukan Vaksinasi Covid-19

Jakarta, Intelmedia.co.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukanlah kepala negara pertama yang menerima suntikan vaksin Covid-19. Sejumlah pemimpin negara di dunia mulai mendapatkan vaksin Covid-19 dari berbagai produsen. Langkah itu dilakukan sekaligus untuk menunjukkan kepada rakyatnya bahwa vaksinasi itu aman.

Berikut ada beberapa kepala negara dan pemimpin negara di dunia yang sudah disuntik vaksin. Pertama, Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman telah diberi vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech dan disiarkan kepada publik pada Jumat (8/1/2021). Media pemerintah Arab Saudi, Saudi Press Agency, melaporkan bahwa Raja Salman mendapat dosis pertama vaksin virus tersebut di Neom. Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah berterima kasih kepada Raja Salman karena memberikan contoh kepada rakyatnya.

Kedua, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan istrinya, Karen Pence, juga telah menerima vaksinasi pertama Covid-19 sejak 18 Desember 2020 dan ditayangkan langsung di televisi. Penyuntikan vaksin virus corona tersebut merupakan upaya untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin tersebut aman dan efektif. Pence dan istrinya divaksinasi di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di kompleks Gedung Putih.

Kepada staf yang melakukan vaksinasi, Pence berkata, “Saya tidak merasakan apapun. Bagus.”  Vaksin yang diberikan kepada Pence dan istrinya adalah vaksin yang dikembangkan Pfizer-BioNTech yang sudah disetujui penggunaan daruratnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Ketiga, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjadi orang pertama di Israel yang disuntik vaksin dari Pfizer-BioNTech. Netanyahu disuntik vaksin corona tersebut pada 19 Desember 2020. Ia menyebut vaksin itu sebagai langkah besar bagi dunia kesehatan. Penyuntikan vaksin kepada Netanyahu itu juga disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi.

Keempat, Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menerima dosis pertama vaksin virus corona pada 21 Desember 2020. Penyuntikan vaksin tersebut disiarkan melalui televisi sebagai upaya untuk meyakinkan rakyat AS bahwa vaksin itu aman. Biden mendapat vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Christiana Care di Wilmington, Delaware, AS.

“Saya melakukan ini untuk menunjukkan bahwa orang harus siap ketika vaksin telah tersedia. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ” ungkap Biden.

Kelima, pemimpin negeri jiran, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, juga telah menerima suntikan vaksin Covid-19 pada Jumat pagi (8/01/2021) di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Lee menjadi salah satu orang yang menerima vaksin paling awal di Singapura. Dia ingin membuktikan kepada warga Singapura bahwa vaksin Covid-19 aman untuk disuntikkan.

“Tidak ada sakit sama sekali, efektif, dan sangat penting,” ungkap PM Singapura berusia 68 tahun itu, setengah jam setelah menerima vaksin. Lee disuntik vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

Keenam, pasangan Ratu Elizabeth II (94) dan suaminya, Pangeran Philip (99) juga telah divaksinasi Covid-19. Berdasarkan sumber dari Istana Buckingham, pasangan penguasa Kerajaan Inggris Raya itu sudah disuntik oleh dokter dari Kastil Windsor. Kelompok lansia memang merupakan prioritas utama program vaksinasi Corona di Inggris.

PM Boris Johnson sendiri mendorong pemakaian produk pengembang vaksin Covid-19 asal Inggris, yakni kolaborasi Universitas Oxford dan AstraZeneca. Boris sendiri juga berencana untuk menyiarkan secara langsung penyuntikan vaksin kepada dirinya. Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga sudah mengumumkan pada akhir 2020 bahwa dirinya siap disuntik vaksin Sputnik V dari hasil pengembangan dalam negeri. (ari/wan/rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed