Peduli Lingkungan, Jelang Puncak Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Rohul Bersama Polsek Jajaran Tanam Ribuan Bibit Pohon 

Berita Polisi496 Dilihat

Rokan Hulu, intelmedia.co.id-   Bakti Sosial (Baksos) penanaman pohon secara serentak dalam memperingati hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024 Polres Rokan Hulu (Rohul), kamis (27/06/2024) sekitar pukul 09.30 Wib, dihalaman Rusun Mapolres Rohul, Jln Lingkar KM 4 Desa Suka Maju Kecamatan Rambah.

Giat dengan tema, polri presisi, mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, menuju indonesia emas, dipimpin langsung Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SIK.MH didampingi ketua bhayangkari cabang Polres Rohul Ny. Ina Budi, dihadiri Bupati H Sukiman diwakili kaban kesbangpol Suharman, ketua pengadilan negeri Pasir Pengaraian Rony Suata SH.MH.

Kemudian, Dandim 0313/KPR diwakili Danramil 02/RBH Kapten Arm Alza Septendi, Anggota DPRD Rohul Hj Sumartini, Wakapolres Kompol Rahmat Hidayat SIK, KPLP Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian Marcos Sihombing SAP. MH.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK.MH menyampaikan, momentum ini dalam memperingati hari bhayangkara ke-78 dengan cara yang bermakna dan berdampak positif bagi lingkungan bersama.

“Bakti Sosial penanaman pohon ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan wujud nyata komitmen kita terhadap pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

“Sebagai insan bhayangkara, tugas kita tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga turut serta dalam upaya melestarikan lingkungan, demi masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Lanjut Perwira dengan Dua Melati ini, penanaman pohon yang dilakukan ini di Wilayah Polres Rohul memiliki makna yang mendalam.

“Setiap bibit yang kita tanam adalah simbol harapan, pertumbuhan dan keberlanjutan, seperti halnya pohon yang tumbuh kuat dan kokoh,” ujarnya.

“Demikian pula semangat pengabdian kita kepada masyarakat dan negara harus terus berkembang dan mengakar kuat, melalui kegiatan ini, kita juga memberikan contoh kepada masyarakat bahwa menjaga Lingkungan adalah tanggungjawab bersama,” ucapnya.

Polri berada digaris depan dalam upaya ini, AKBP Budi mengajak seluruh anggota Polres Rohul dan masyarakat yang hadir untuk menanamkan tidak hanya pohon, tetapi juga nilai-nilai kebaikan, kepedulian, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

“Setiap pohon yang kita tanam hari ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi mendatang, ini adalah bentuk nyata dari semboyan “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” didepan memberi teladan, ditengah membangun semangat dan dibelakang memberikan dorongan,” jelasnya.

“Mari kita jadikan momen hari Bhayangkara ke-78 ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam melayani dan melindungi masyarakat, termasuk melindungi lingkungan hidup,” pungkasnya.

“Semoga dengan bakti sosial ini, kita dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli dan bertindak demi kelestarian alam, ingatlah bahwa setiap tindakan kecil yang kita lakukan hari ini akan membawa dampak besar di masa depan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kasubsie Penmas Ipda Suwamra Jonrefly SAP, menjelaskan pelaksanaan penanaman bibit pohon secara serentak dilaksanakan secara daring dengan Mabes Polri yang diikuti oleh masing-masing Polda dan Polres/ta seluruh Indonesia.

“Jumlah pohon yang ditanam wilayah Polres Rohul sebanyak 1.000 pohon, Polres sebanyak 400 bibit, kemudian masing-masing Polsek Jajaran 50 Bibit.

Dengan jenis, trembesi 200 batang, mahoni 250 batang, kelengkeng 100 batang, durian tambaga 150 batang, meranti 100 batang, alpokat 100 batang dan jabon 100 batang,” rinci Ipda Suwamra Jonrefly.

Kegiatan, berakhir sekitar pukul 11.00 Wib, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.

Tampak juga, Kadisnakbun Pemda Rohul CH Agung Nugroho, UPT KPH Rokan Nanti Irwan dan Yosevrisal Putra, para Kabag, Kasat, Kasie dan Perwira Polres Rohul, Pengurus Bhayangkari cabang Polres Rohul, awak media online Rohul dan lainnya. (Darajat)