Bupati Cirebon Minta Percasi Terus Tingkatkan Prestasi Atlet Cilik

Kabar Daerah211 Dilihat

Cirebon, intelmedia.co.id – Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag membuka secara resmi perlombaan catur tingkat SD/MI yang diselenggarakan oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Cirebon dan PCNU Kabupaten Cirebon dan Dinas Pendidikan.

Kegiatan yang dilaksanakan di area Pekan Raya Cirebon (PRC) Watubelah Sumber itu, diikuti oleh sebanyak 65 peserta dari sejumlah SD dan MI di Kabupaten Cirebon, Kamis (16/11/2023).

Dalam sambutannya, Imron mengapresiasi langkah dari Percasi, yang memberikan ruang kepada para atlet muda untuk berprestasi.

Bahkan ia meminta kepada Percasi, untuk bisa membina dengan baik bibit-bibit atlet yang ada saat ini.

“Silakan difasilitasi tempat latihannya, supaya bisa memahami ilmu catur dengan baik,” ujar Imron.

Ia juga menuturkan, bahwa ia melihat banyak potensi bagus dari para peserta lomba catur ini. Sehingga dirinya berharap, para atlet cilik ini, nantinya bisa berprestasi dan membawa nama baik Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Imron juga memberikan dukungan secara langsung, dengan memberikan hadiah tambahan bagi para pemenang.

Tambahan hadiah ini, kata Imron, untuk memberikan semangat para peserta dan membuat anak-anak tertarik untuk belajar catur.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ronianto menuturkan, bahwa perlombaan catur untuk tingkat SD/MI di Kabupaten Cirebon, memang cukup langka.

Sehingga menurutnya, lomba catur ini, merupakan ajang yang baik untuk mencari bibit unggul calon atlet catur.

Para pemenang pada lomba ini, nantinya akan dilatih secara langsung oleh Percasi, untuk bisa dijadikan pecatur andalan Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memotivasi anak-anak dalam olahraga catur.

“Ini ajang yang tepat, untuk mencari bibit unggul calon atlet catur,” ujar Roni.

Sementara itu, Ketua Percasi Kabupaten Cirebon, Solihin mengatakan, bahwa peserta pada perlombaan ini berjumlah 65 atlet, terdiri dari 20 atlet perempuan dan 45 atlet laki-laki.

Ia menuturkan, para pemenang pada perlombaan ini, nantinya akan disiapkan untuk mengikut Pekan Olahraga Daerah (Porda) pada tahun depan.

Pihaknya mengaku, akan melatih para atlet, sehingga siap untuk bertarung pada level yang lebih tinggi.

“Nanti akan kita latih dan kita ikutkan Porda pada tahun depan,” ujar Solihin.

(Mar)