IPB University Kembali Menggelar Pelatihan Aquascape di Kabupaten Cirebon

Cirebon, intelmedia.co.id – IPB University kembali mengadakan Dosen Mengabdi Inovasi dengan menggelar pelatihan aquascape tingkat lanjutan bagi peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dasar. Kegiatan kali ini lebih berfokus pada pemeliharaan aquascape, pemasaran, promosi dan peluang pembiayaan.

Dalam hal ini kegiatan dosen pulang, saat ini disebut dengan DMI, Dosen Mengabdi Inovasi, yaitu salah satu program dari IPB University yang memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengabdi ke kampung halaman mereka masing-masing melalui berbagai program yang dapat meningkatkan produktivitas sumberdaya baik pertanian, perikanan, sosial, dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayahnya, fokus pada pengenalan aquascape di Cirebon.

Pelatihan Aquascape adalah peningkatan keterampilan praktis dalam mengelola dan merawat akuarium. Peserta pelatihan melihat pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pemilihan tanaman air yang tepat, pengaturan tata letak yang estetis, penggunaan alat dan bahan dengan benar, serta pemeliharaan akuarium yang baik.

Hal ini dapat dilihat melalui kemampuan peserta dalam merancang dan mengatur akuarium Aquascape yang indah dan seimbang. Pelatihan Aquascape diajarkan cara memilih tanaman air yang tepat berdasarkan karakteristiknya, seperti tingkat pencahayaan yang dibutuhkan, kebutuhan nutrisi, dan kondisi air yang ideal.

Mereka juga belajar tentang pengaturan tata letak yang estetis dengan memperhatikan proporsi, kontras warna, dan keselarasan antara tanaman, hardscape (batu dan kayu), dan elemen dekoratif lainnya.

Untuk peserta yang tertarik untuk memanfaatkan aquascape sebagai peluang bisnis, program pelatihan tambahan dalam manajemen bisnis kecil dan pemasaran dapat diberikan. Ini akan membantu mereka memahami aspek-aspek dasar dalam mengelola usaha kecil, memasarkan produk dan layanan mereka, serta menjalankan bisnis secara efisien. Dengan demikian, mereka dapat mengoptimalkan pendapatan mereka dan mengembangkan usaha mereka sendiri.

Institut Pertanian Bogor memanfaatkan peluang ini dengan mengadakan Pelatihan Aquascape dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Cirebon dan Bank BJB Jabar. Dengan narasumber yaitu Dr. A Faroby Falatehan, SP., ME., pemateri disambung Prof. Dr. Yusman Syaukat, MEC pemateri mengenai management pemasaran.

Dalam sambutannya Kadis Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Cirebon Drs. Erus Rusmana, M.Si., menyampaikan, “Saya Sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Semoga dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa berlanjut dan menambah ilmu untuk para peserta untuk kedepannya,” jelasnya.

“Untuk mereka yang menyukai seni, aquascape menjadi salah satu cara untuk mengembangkan jiwa seni terhadap taman dan kebun yang indah yang ada di dalam air. Selain untuk hobi, usaha ini juga bisa menjadi pekerjaan,” katanya.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu dan kayu, secara estetis dan menyenangkan di dalam sebuah akuarium.

“Untuk menambah keeksotisannya, fauna seperti ikan, udang, dan keong dapat dijadikan elemen penunjang supaya taman di dalam akuarium terlihat lebih indah dan hidup,” ujar dia.

Dia berharap dari pelatihan aquascape itu para peserta mampu memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia di lingkungan sekitarnya.

Beliau juga berpesan untuk selalu bersemangat dalam menyerap ilmu dalam pelatihan Aquascape agar mampu menciptakan Aquascape yang Indah dan kreatif, sehingga nilai jual akan semakin meningkat. Maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat seni dalam bidang perikanan.

(San)