by

Jalan Tol Aceh-Sumut Resmi beroperasi

Langkat, Intelmedia.co.id – Pemerataan pembangunan menjadi salah satu program prioritas yang terus dilakukan pemerintah. Salah satunya adalah jalan tol trans Sumatera yang membentang mulai dari Bakauheni Lampung hingga Aceh. Sejumlah ruas jalan tol trans Sumtera itu, di beberapa wilayah Sumatera, saat ini sudah beroperasi. Dengan begitu, maka, mobilitas, distribusi barang, dan konektivitas masyarakat terjadi. Artinya, perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol tersebut akan hidup.

Harapan perekonomian yang hidup itulah disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Binjai (Sumatera Utara) – Langsa (Aceh) seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer. Peresmian jalan tol Aceh – Sumut itu dalam rangkaian kunjungan kerja presiden ke Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat, (4/2/2022). Peresmian jalan tol yang merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer tersebut digelar di Gerbang Tol Stabat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

“Alhamdulillah hari ini ruas Jalan Tol Binjai-Langsa seksi I Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer, alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas,” ucap Presiden dalam sambutannya saat peresmian.

Menurut Presiden Jokowi, Jalan Tol Binjai-Langsa nantinya akan menghubungkan dua provinsi yaitu, Sumatera Utara dan Aceh. Selain itu, jalan tol ini juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh.Presiden Jokowi mengatakan bahwa jalan nasional yang terhubung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah, utamanya daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru sehingga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar di berbagai bidang kehidupan.

“Arahnya semuanya ke sana, bukan hanya membangun fisik seperti ini, rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, perkebunan akan menikmati, yang berkaitan pariwisata akan menikmati kalau itu disambungkan semuanya, jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi,” ungkapnya.

Selain meningkatan kecepatan dalam konektivitas antarkabupaten dan antarprovinsi, Presiden juga menambahkan bahwa kehadiran jalan tol tersebut diyakini akan memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi lain yang ada di daerah, termasuk potensi yang dikelola oleh masyarakat lokal.

“Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini, kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah, baik pertanian, pariwisata, perkebunan, perikanan, dan lain-lainnya,” tutur Presiden.“Saya titip agar infrastruktur yang baik ini dimanfatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha-usaha baru, meningkatkan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (tim/rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed