by

Menhub Gelar Rapat Darurat, Dirikan Posko Insiden Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air

-Nasional-45 views

Jakarta, Intelmedia.co.id

Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak saat terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, tangerang Banten. Pesawat sriwijaya air SJY dengan nomor penerbangan 182/SJ dengan nomor register PKCLC dikabarkan hilang kontak di kepulauan seribu.

“Hilang pesawat Sriwijaya Air Nomor penerbangannya SJY 182 dan teregistrasi PKCLC. “ucap Haerul Anwar selaku Manajer Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta saat dihubungi wartawan, Sabtu (9/1/2021).

Pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dikabarkan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng Banten sekitar pukul 14.36 WIB dengan mengangkut 59 orang penumpang tujuan Pontianak Kalimantan Barat.

Haerul menjelaskan, Pesawat Sriwijaya Air itu kabarnya hilang kontak di sekitaran Pulau Lancang daerah Kepulauan Seribu.

Sebelumnya, nelayan telah menemukan puing-puing serpihan atau potongan yang diduga kuat dari bagian pesawat yang jatuh. Lokasinya sekitar 15 menit dari perairan diantara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Kasie Pemerintahan dan Transit Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Surahman menjelaskan, sejak menerima informasi kejatuhan pesawat, pihaknya langsung melakukan penyisiran. Bersama para nelayan, mereka telah menemukan serpihan-serpihan diduga sebagai bagian pesawat Sriwijaya Air.

Serpihan pertama diperoleh dari dalam laut. Sejauh ini, belum ada yang menyelam. Masih menyisir di sekitar jatuhnya pesawat.

“Serpihan itu diperoleh secara manual dengan bantuan jangkar perahu-perahu nelayan,” tutur Surahman, Sabtu sore 9 Januari 2021.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air kode penerbangan SJ182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Rabu siang sekitar pukul 14.36 WIB.

Data dari flightradar24, pesawat bertolak dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pukul 14.36 WIB, dengan estimasi kedatangan pukul 15.15 WIB di Pontianak.

Pesawat jenis Boeing 737-500 ini hilang kontak pada ketinggian sekitar 11.000 kaki. Hanya berselang sekitar empat menit setelah lepas landas menuju Pontianak dari Bandara Soekarno Hatta.

Manager of Branch Communication PT Angkasa Pura II Haerul Anwar sudah membenarkan mengenai kejadian hilang kontak tersebut. Namun belum memberikan keterangan resmi karena menunggu data lapangan.

“Masih diselidiki. Kita menunggu data lapangan,” katanya.

“Kita masih terus berkomunikasi dan menginvestigasi insiden itu. Kami akan segera mengeluarkan pernyataan resmi setelah mendapatkan informasi yang sebenarnya,” demikian media statement Sriwijaya Air.

Bandara Soepadio sendiri segera membentuk crisis center untuk menjadi pusat informasi bagi keluarga pesawat Sriwijaya Air yang hilang. Crisis Center bertempat di Gedung Serba Guna di pintu masuk Bandara Pontianak tersebut.

Pihak Sriwiaya Air berjanji akan memberikan data nama-nama penumpang setelah ada kepastian. Maskapai itu, baru sebatas memberi informasi data mengenai crew pesawat yang berjumlah enam orang.

(Red**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed