Pemkab Cirebon Peringati MayDay, Bupati Imron Minta Buruh dan Pengusaha Menyatu

Cirebon, Intelmedia.co.id – Pemerintah Kabupaten Cirebon memperingati Hari Buruh Internasional (MayDay) tahun 2024 bertempat di area parkir Stadion Watubelah Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (1/5/2024).

Imron mengatakan, pada peringatan tahun 2024 kali ini mengusung tema “MayDay 2024: Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten” serta tagline “MayDay is Terampil Day”, bertujuan menggugah kesadaran kita bersama bahwa saat ini, perjuangan terbaik pekerja/buruh untuk meningkatkan kesejahteraannya adalah dengan meningkatkan skill atau keterampilan.

“Hal ini akan menimbulkan efek keberlanjutan kepada peningkatan kualitas dan kuantitas produksi nasional, hingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Imron.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas iklim investasi di Kabupaten Cirebon, mengingat sudah banyak investor yang masuk ke Kabupaten Cirebon.

“Tentunya, harus ada kerjasama antara pemerintah, buruh dan juga pengusaha. Kalau ada permasalahan di perusahaan, lebih baik diselesaikan dengan cara mediasi, baik melalui serikat buruhnya maupun pemerintah,” ujar Imron.

Di momen Hari Buruh Internasional ini, dirinya berharap, buruh dengan pengusaha harus menyatu, selain dapat bekerja sama, hak dan kewajiban buruh harus selalu dipenuhi.

“Jangan sekali-sekali menahan hak buruh, tunaikan selalu hak dan kewajiban buruh,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto, S.STP., M.Si mengatakan, pemerintah mendukung inisiasi dari aliansi buruh Kabupaten Cirebon, momentumnya adalah dari buruh untuk buruh.

Novi mengungkapkan, bahwa untuk memuliakan buruh, tidak hanya menyampaikan pendapat (unjuk rasa), tetapi juga melalui kegiatan sosial semacam ini.

“Juga, tugas pemerintah adalah mengawal terus proses dalam rangka meningkatkan kompetensi para pekerja, mulai dari pra, pelaksanaan sampai dengan purna hingga pensiun,” jelas Novi.

Ketua DPK Apindo Kabupaten Cirebon, Ir. Asep Sholeh Fakhrul Insan menambahkan, dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan dapat menciptakan iklim yang baik.

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah harmonisasi yang indah, buruh dan perusahaan kondusif. Sehingga, investor mau datang ke Kabupaten Cirebon.

Tentunya, lanjut Asep, kegiatan ini menjadi magnet bagi investor untuk Kabupaten Cirebon.

“Ketika investor banyak yang melirik Kabupaten Cirebon, maka peluang bagi para bekerja juga banyak,” kata Asep. (Mar)