by

LCM B2SA Untuk Mengeksplore Kearifan Lokal Masyarakat Kabupaten Cirebon

Cirebon, Intelmedia.co.id – Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Nunung Roosmini didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Drs. Abraham Mohamad, M.Si meninjau Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) di Gedung PGRI Sumber, Kamis (23/12/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Drs. Abraham Mohamad, M.Si mengatakan, Program Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) bertujuan untuk mengeksplore kearifan lokal masyarakat Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, bagaimana pemerintah bisa memberdayakan masyarakat untuk mencintai produk menu makanan lokal yang bergizi.

“Selama ini banyak masyarakat membeli olahan makanan secara instan, memang mereka punya pilihan. Tetapi alangkah baiknya mereka bisa membuat sendiri olahan makanan untuk keluarganya,” kata Abraham.

Abraham menjelaskan, Kabupaten Cirebon sebenarnya sangat kaya akan olahan makanan dengan kearifan lokal. Terbukti makanan khas Cirebon yang selalu menjadi tujuan para wisatawan dari daerah lain.

“Kita lihat makanan Nasi Lengko merupakan menu makanan yang sederhana, hanya menggunakan tahu, tempe, toge, timun dan kucai dan ditambah bumbu kacang bisa menghasilkan makanan yang sangat enak, itu salah satu makanan dengan menu kearifan lokal Kabupaten Cirebon,  dan masih banyak makanan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Abraham, untuk mewujudkan keanekaragaman pangan  di tingkat rumah tangga yang terbukti telah memberikan banyak manfaat dan kontribusi bagi masyarakat, serta  dapat memberikan pengetahuan terkait keanekaragaman olahan makanan untuk dikonsumsi bagi keluarga.

“Dengan membuat makanan sendiri, masyarakat bisa menghemat pengeluaran dan bisa memastikan makanan yang diberikan kepada keluarganya sehat dan bergizi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Abraham, pihaknya menghadirkan juri yang memang berkompeten dalam hal menu makanan olahan.

“Kita ada juri dari Chef Patra Hotel Cirebon, sama dari TP PKK Kabupaten Cirebon,” katanya.

(Fjr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed