by

Warung Umah Lawas Di Kunjungi Sultan Kacirebonan IX

Cirebon, Intelmedia.co.id

Warung umah lawas yang berada di Desa Klangenan Kecamatan Klangenana Kabupaten Cirebon, malam Minggu ini kedatangan tamu agung dari keraton Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat Dekarangga beserta kerabat, Sabtu malam (17/10/2020).

Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat Dekarangga dalam sambutannya mengatakan sangat kagum dengan anak muda yang sangat kreatif dalam meningkatkan ekonomi di masa pandemi ini namun tidak melupakan tradisi kearifan lokal, sangat mengapresiasi atas adanya warung umah lawas yang membuatnya tertarik adalah konsep dari warung umah lawas itu sendiri.

“Konsep yang di usung ialah konsep tradisional milenial yang membuat kami tertarik untuk datang ketempat ini, semoga dengan adanya warung umah lawas ini generasi muda milenial lebih mencintai seni budaya khususnya budaya yang ada di kabupaten Cirebon,” jelasnya.

“Perpaduan etnik budaya lokal dengan warung tradisional millenial yang membuatnya unik dan diharapkan pemuda pemudi dapat lebih mencintai kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Cirebon di warung umah lawas ini,” tutupnya.

Warung Umah Lawas Di Kunjungi Sultan Kacirebonan IX
Warung Umah Lawas Di Kunjungi Sultan Kacirebonan IX

Sementara Kuwu Klangenan Rohmat mengatakan dalam sambutannya mengatakan, bahwa generasi milenial yang mencintai kesenian daerah nya adalah berjiwa patriotisme tinggi, namun anak zaman now lebih condong ke ponsel di dunia Maya berselancar perlu adanya pelopor yang mampu mengajak kembali mencintai kesenian daerahnya dengan cara yang milenial juga. Contoh halnya warung umah lawas ini dengan berkonkow ria namun diselipkan unsur pembahasan seni daerah yang ada di sekitar kita.

Dengan di sertai teknologi informasi terkini pembahasan tersebut di share di dunia Maya, dan saling menularkan ilmu keseniannya kepada anak muda milenial yang nongkrong di warung umah lawas ini.

Arif nurasa pendiri sekaligus pemilik Warung Umah Lawas mengatakan, kami yakin bahwa anak muda masih banyak yang mencintai rasa seni yang tinggi, kami di sini bukan hanya mencari keuntungan semata tapi sambil beramal melalui memberikan edukasi kesenian dan budaya yang sesungguhnya khususnya kesenian daerah Cirebon.

“Para pengunjungpun kami suguhkan kesenian Cirebon baik dari seni tari, seni suara, seni lukis, dll. Kami di sini menghadirkan kenyamanan suasana dalam berkuliner sekaligus memperkenalkan kembali kepada masyarakat luas bahwa masih banyak anak muda penggiat kesenian daerah khususnya kabupaten Cirebon yang mau melestarikan kebudayaannya,” tutupnya.

(Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed