by

Cuaca Tidak Menentu, Sat Brimob Polda Jabar Siaga Antisipasi Bencana Alam

Bandung, Intelmedia.co.id

Intensitas curah hujan yang sangat deras tidak menutup kemungkinan bahwa akan menyebabkan bencana pohon tumbang dan longsor.

Menyikapi hal tersebut dengan sigap Jajaran Kompi 1 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dipimpin Danton 3 Aiptu Reza Efendi mendirikan posko siaga SAR dan membentuk tim yang mempunyai keahlian khusus di bidang penanganan SAR.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K terkait kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri sebagai salah satu bentuk kesiapan Sat Brimob Polda Jabar dalam penanganan bencana alam dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana, anggota sudah siap di gerakan dengan cepat.

Dalam kegiatan ini Anggota menyiapkan dan mengecek peralatan serta perlengkapan SAR yang di siagakan agar dapat berfungsi dengan normal dan tidak ada kendala ketika di gunakan saat melaksanakan tugas SAR.

Selain mengecek kesiapan peralatan Jajaran Kompi 1 Batalyon B Pelopor Juga kembali melatihkan beberapa cara penggunaan alat, seperti penggunaan alat pemotong kayu,pemotong beton dan alat tandu sebagai alat pertolongan pada korban.

Kompol Maman Ismail, A.Md Selaku Danyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar menuturkan pelaksanakan siaga SAR ini untuk mengantisipasi permintaan satuan wilayah dan laporan masyarakat dalam menangani bencana alam disuatu tempat sehingga dapat bergerak dengan cepat untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana.

“Posko SAR ini didirikan untuk mengantisipasi permintaan Satuan Kewilayah dan laporan masyarakat dalam menangani bencana alam disuatu tempat sehingga dapat bergerak dengan cepat untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana,” tuturnya.

Di tempat terpisah Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K., juga mengungkapkan, “Tim Siaga SAR ini akan dilaksanakan setiap harinya selama 24 jam dan akan dilaksanakan setiap Kompi, Selain itu dalam pelaksanaan Siaga akan diisi dengan latihan-latihan guna mengasah kembali kemampuan yang telah dimiliki”.

“Pada pelaksanaanya Tim Siaga SAR ini akan bersiaga 24 Jam jadi sewaktu – waktu dibutuhkan mereka sudah siap, Selain Bersiaga Personel yang berada di Posko juga menggelar latihan dengan skala kecil hal ini bertujuan untuk mengingat kembali materi-materi pertolongan yang pernah dilatihkan sebelumnya.” katanya.

Yuri Karsono juga mengatakan, “Memasuki musim penghujan seluruh jajaran Sat Brimob Polda Jabar kini telah mendirikan Posko Siaga Bencana atau SAR hal ini sebagai bentuk kesiapan Brimob Jabar dalam penanganan bencana alam dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana anggota sudah siap di gerakkan dengan cepat”.

(Herly/hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed