Pembekalan Dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi Tingkat Terampil

Kabar Daerah142 Dilihat

Rokan Hulu, intelmedia.co.id-  Melalui dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) kabupaten Rokan Hulu laksanakan pembekalan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja kontruksi tingkat terampil di hall convention Islamik Center Pasir Pengaraian, selasa (25/06/2024).

“Berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, para tenaga kerja kontruksi diwajibkan memiliki sertifikasi kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional dan atau standar khusus.

Sertifikat kompetensi kerja ini merupakan bukti pengakuan kompetensi tenaga kerja konstruksi”.

Untuk itu bidang jasa konstruksi dinas PUPR kabupaten Rokan Hulu mengadakan pembekalan dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi tingkat terampil yang terdiri dari beberapa jabatan kerja bidang konstruksi.

Hal ini merupakan salah satu upaya Dinas PUPR kabupaten Rokan Hulu untuk merangkul tenaga kerja konstruksi agar memiliki sertifikat sesuai dengan keahlian dan jabatan kerja yang dimiliki,” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu, Anton, ST. MM.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang meliputi beberapa badan usaha, organisasi perangkat daerah dan kampus universitas Pasir Pengaraian.

Lebih lanjut disampaikan oleh Anton, ST.MM bahwa “kegiatan ini di laksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 25-27 Juni 2024.

Dalam kegiatan ini, pembekalan disampaikan oleh narasumber dari P3SM Riau, dan uji kompetensinya akan dilaksanakan oleh LSP propinsi Riau.

Kegiatan ini terselenggara melalui dana APBD kabupaten Rokan Hulu tahun Anggaran 2024.

“Kami mengharapkan bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menjalaninya dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan hasil kompeten untuk semua peserta, sehingga nantinya sertifikat yang didapat dapat dipergunakan sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku,” tutup Anton, ST.MM. (Darajat)