by

Kabidkum Polda Jabar: Kesadaran Warga Kabupaten Cirebon Mematuhi Protokol Kesehatan Sudah Baik

Cirebon, Intelmedia.co.id

Kesadaran masyarakat Kabupaten Cirebon dalam mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dinilai sudah baik. Hal itu diungkapkan Kabidkum Polda Jabar, Kombes Pol Dr. Yoslan, SH, MH, usai meninjau Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Mapolsek Sumber, rabu (30/9/2020).

Yoslan menilai, dari hasil tinjauannya selama dua hari di Kabupaten Cirebon pada dasarnya masyarakat telah menaati protokol kesehatan. Meski masih ada saja warga yang terjaring operasi yustisi tersebut karena kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam dua hari ini, kami melihat masyarakat Kabupaten Cirebon sudah patuh terhadap protokol kesehatan. Memang masih ada pelanggar yang terjaring operasi yustisi tapi tidak sebanyak kemarin,” kata Kombes Pol Dr. Yoslan, S.H, M.H.

Kabidkum Polda Jabar: Kesadaran Warga Kabupaten Cirebon Mematuhi Protokol Kesehatan Sudah Baik
Kabidkum Polda Jabar: Kesadaran Warga Kabupaten Cirebon Mematuhi Protokol Kesehatan Sudah Baik

Namun, Yoslan menilai kepatuhan tersebut masih harus ditingkatkan, terlebih status kewaspadaan Kabupaten Cirebon dalam penyebaran Covid-19 ditetapkan sebagai zona merah. Pasalnya, rata-rata bentuk pelanggaran warga yang terjaring operasi yustisi adalah tidak memakai masker saat keluar rumah.

Padahal, mereka membawa masker dan hanya disimpan di saku celana serta tas. Selain itu, ada juga pelanggar yang mengenakan masker di dagu sehingga tidak menutup secara sempurna.

“Ini yang harus ditingkatkan, maskernya dipakai jangan disimpan di saku atau dipakainya di dagu. Kalau secara kesadaran memang ada peningkatan karena mereka membawa masker,” ujar Kombes Pol Dr. Yoslan, S.H, M.H.

Ia mengatakan, jika kepatuhan masyarakat belum juga meningkat, maka butuh waktu lama untuk mengubah Kabupaten Cirebon menjadi zona hijau. Karenanya, pihaknya mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah memutus penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan setiap saat.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, didampingi Kasubbag Humas, IPTU Suwito, S.H, mengimbau masyarakat Kabupaten Cirebon selalu mematuhi protokol kesehatan kapanpun dan di manapun. Di antaranya, selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Mari bersama-sama patuhi protokol kesehatan untuk membantu Pemkab Cirebon memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga pandemi ini segera berakhir,” kata IPTU Suwito, S.H.

(Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *