Pemkab Cirebon Serahkan Berkas Usulan Calon Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil ke TP2GD Provinsi Jawa Barat

Kabar Daerah21 Dilihat

Cirebon, intelmedia.co.id – Pemerintah Kabupaten Cirebon menyerahkan berkas usulan Calon Pahlawan Nasional (CPN) KH. Abbas Abdul Jamil kepada Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jawa Barat.

Penyerahan berkas usulan CPN tersebut dilakukan langsung TP2GD Kabupaten Cirebon. Tampak hadir pula Sekretariat TP2GD Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Dra. Indra Fitriani, MM, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Iik Ahmad Rifa’i, di Ruang Malabar, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).

Penyerahan berkas usulan Calon Pahlawan Nasional KH. Abbas Abdul Jamil merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses pengusulan yang sudah dilakukan oleh Sekretariat TP2GD Kabupaten Cirebon.

Sebelumnya, pada bulan November 2023, Pemkab Cirebon telah melakukan Seminar Nasional terkait pengusulan KH. Abbas Abdul Jamil sebagai Calon Pahlawan Nasional.

Perlu diketahui, KH. Abbas Abdul Jamil atau lebih dikenal dengan Kyai Abbas Buntet, adalah seorang ulama yang berasal dari Buntet-Cirebon, yang merupakan tokoh penting dalam Pertempuran 10 November 1945 dan dikenal dengan “Sang Macan dari Barat”.

Ia juga merupakan salah satu tokoh yang tak henti melakukan seruan jihad dan perjuangan dalam membela bangsa, membentuk kader sampai kemerdekaan Indonesia.

Karena itulah, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag merekomendasikan KH. Abbas Abdul Jamil sebagai Calon Pahlawan Nasional.

(Mar)