Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024 Kabupaten Cirebon, Himpun Aspirasi dan Harapan Masyarakat

Ragam Berita31 Dilihat

Cirebon, intelmedia.co.id – Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag membuka kegiatan Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024 Kabupaten Cirebon dengan tema “Mengoptimalkan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif, Berkeadilan, dan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat untuk Mewujudkan Daya Saing dan Kemandirian Daerah” dilaksanakan di Hotel Apita Cirebon, Kamis (12/01/2023).

Dalam sambutannya, Imron mengatakan bahwa forum ini merupakan forum strategis untuk menghimpun aspirasi dan harapan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan, terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Cirebon tahun 2024.

“Di dalam RPJMD tahun 2024, perencanaan tahun 2024 merupakan titik koordinasi sekaligus ukuran keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu, rencana pembangunan tahun 2024 harus dirumuskan secara baik berdasarkan kebutuhan masyarakat,” kata Imron.

Ia berharap pada forum ini, semua elemen masyarakat bersama-sama bermusyawarah mengurai permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon kedepan. “Semua elemen masyarakat, dari anak muda, KNPI, Karang Taruna, desa, kecamatan, dan juga Ormas untuk bisa sharing terhadap masukan-masukan untuk pembangunan tahun 2024 yang akan datang,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Cirebon, Uu Sudrajat ST menyampaikan maksud kegiatan ini untuk menginput aspirasi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Cirebon Tahun 2024.

“Inputnya, yang pertama, sebagai bahan masukan penyusunan RKPD Kabupaten Cirebon Tahun 2024, diantaranya dokumen RPJMD Perubahan Tahun 2019-2024. Kedua, Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. Ketiga, Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2024. Dan terakhir, Pokok-pokok Pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” jelas Uu.

Sedangkan tujuannya, yaitu selain memberikan informasi substansi draf rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024, kemudian penajaman prioritas, tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah tahun 2024. Dan yang terakhir, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan sektoral, kewilayahan dan aspirasi masyarakat sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan, bahwa output atau hasil yang diharapkan dari forum ini adalah berupa rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Cirebon tahun 2024.

(Mar)

Tinggalkan Balasan