by

Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angakatan L (Pembukuan) dan Angkatan XL1X (E Commerce) di Desa Sukasono Kecamatan Sukawening Garut

Garut, Intelmedia.co.id

 Kesejahteraan masyarakat desa, semakin sini semakin diperhatikan baik itu dari pemerintah tingkat pusat sampai pemerintah tingkat desa, ini dibuktikan dengan adanya BUM Desa (Badan Usaha Milik Desa). Menurut PP No 72 tahun 2005 tentang Desa pasal 78 ayat (1) bahwa BUM Desa menjadi salah satu usaha atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di Desa terutama di lingkup Desa.

Untuk meningkatkan BUM Desa itu sendiri (9-10/9) Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPPMD) mengadakan sekaligus 2 pelatihan diantaranya  Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angakatan L (Pembukuan) dan Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angkatan XL1X (E Commerce).

Adapun Narasumber dan pelatih pada hari pertama diantaranya Riska Yolanda, Hindun H, Tina Mareta Sutan. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung MA Annajaat Sumursari Desa Sukasono Kecamatan Sukawening. “Alasan DPMD memilih Sukasono sebagai tempat pelatihan karena ketika dihubungi siap, siap menyiapkan tempat, dan kasus covid 19 relatif sedikit,” Ujar Bambang sebagai salah satu panitia pelaksanaan pelatihan.

Pihak Pemerintah desa Sukasono yang  pun menerima dengan senang hati diberi kepercayaan sebagai pribumi dalam pelaksanaan pelatihan tentang pengembangan BUM Desa oleh DPMD itu sendiri. Peserta yang hadir sebanyak 40 orang. 20 orang peserta Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angakatan L (Pembukuan) dan 20 orang Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angkatan XL1X (E Commerce), Kades Desa Sukasono Kec. Sukawening Kab. Garut H. Wawan S.Ip sangat senang dan mengucapkan terimakasih dengan adanya program tersebut.

Pelatihan Inisiatif Baru Pengembangan BUM Desa Angakatan L (Pembukuan) dan Angkatan XL1X (E Commerce) di Desa Sukasono Kecamatan Sukawening Garut

Peserta yang hadir bukan hanya dari desa Sukasono kecamatan Sukawening saja sebagai pribumi, tetapi juga perwakilan dari beberapa desa dan dari beberapa Kecamatan yang ada di kabupaten Garut, seperti perwakilan dari desa yang berada di kecamatan Karangpawitan, kecamatan Pangatikan, Kecamatan Cibatu dan Kecamatan Selaawi.

Aris sebagai panitia menuturkan bahwa “tujuan diadakan pelatihan yaitu untuk mengembangkan BUM Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan desa masing masing”. Meski mundur dari perencanaan yang seharusnya dilaksanakan bulan Juli dan baru terlaksana bulan September karena PPKM tetapi tidak mengurangi kelancaran dalam pelaksaan pelatihan ini.

Antusias peserta dalam pelatihan cukup bagus terlihat dari keaktifan peserta dalam menerima materi yang disampaikan oleh Narasumber dan pelatih. Setiap Peserta diharapkan setelah mengikuti pelatihan dapat memahami dan mengaplikasikan tentang pembukuan dan e commerce nya dalam menjalankan BUM Desa tersebut. Maju BUM Desa, Makmur Masyarakat Desa.

(Ani Milayani)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed