by

Pesta Budaya Sekura Akan Kembali Digelar Pada Tahun Ini Di Lampung Barat

Lampung Barat, intelmedia.co.id -Setelah hampir kurang lebih dua tahun di tiadakan, Pesta budaya sekura yang menjadi salah satu budaya ciri khas Lampung Barat tahun ini akan kembali digelar.

Hal tersebut seiring dengan melandainya kasus pandemi Covid-19 dan akan beralih statusnya menjadi endemi, sehingga di harapkan bisa meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia khususnya di Lampung Barat.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Endang Guntoro mengatakan, berdasarkan rujukan yang di keluarkan oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno atas arahan Presiden bahwa tahun ini seluruh gelaran festival kebudayaan dan festival besar lain nya sudah bisa di laksanakan.

“Berdasarkan rujukan tersebut gelaran Pesta Budaya Sekura yang selama ini di tunggu-tunggu untuk kembali di gelar oleh masyarakat Lampung Barat bisa di laksanakan,” ujarnya,  Kamis (31/03/2022).

Dia juga mengemukakan pesta budaya sekura ini merupakan tradisi dari yang telah di laksanakan bertahun-tahun saat hari raya Idul Fitri di Lampung Barat sehingga jangan sampai tradisi ini hilang, oleh karena itu sudah seharusnya kita kembali meramaikan gelaran pesta sekura cakak buah tersebut.

“Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat khususnya muli mekhanai (Bujang Gadis) Pekon (Desa) mempersiapkan sesuatunya untuk menggelar pesta budaya sekura di pekon masing-masing namun dengan tetap mengacu pada regulasi yang di keluarkan oleh pemerintah,” harapnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa baik peserta sekura ataupun masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi anjuran serta harus ada izin dari tim gugus tugas covid-19 dari Kabupaten hingga Pekon (Desa).

Selain itu Ia juga mengungkapkan, untuk menyelenggarakan pesta budaya sekura ini tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkan izin asal mematuhi aturan yang ditetapkan, karena perhelatan-perhelatan besar ini sudah atas restu Pemerintah Pusat.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed