by

Program Budidaya Sereh Wangi Kodim 0617/Majalengka Di Tinjau Bupati Majalengka

Majalengka, Intelmedia.co.id

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, tinjau lahan budidaya Sereh Wangi di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (19/10/2020).

Perkebunan budidaya Sereh Wangi tersebut, merupakan program Kodim 0617/Majalengka dan dikelolah bersama masyarakat sekitar.

Kunjungan Bupati Majalengka bersama Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto dan Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso serta unsur OPD lainnya untuk melihat perkembangan budidaya Serei Wangi tersebut.

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi mengapresiasi atas ide dan gagasan yang telah dijalankan oleh TNI, khususnya Kodim 0617/Majalengka dengan menanam Serehwangi di Desa Bayureja, Kecamatan Sindang, Majalengka ini.

“Ini akan menjadi salah satu bentuk untuk meningkatkan SDA dan SDM, khususnya di wilayah Kecamatan Sindang. Di Desa Bayureja sendiri, memiliki lahan yang produktif untuk bisa diolah menjadi salah satu produk atau bahan tanaman lainnya,” Katanya.

Program Budidaya Sereh Wangi Kodim 0617/Majalengka Di Tinjau Bupati Majalengka
Program Budidaya Sereh Wangi Kodim 0617/Majalengka Di Tinjau Bupati Majalengka

Sementara itu, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto menjelaskan, bahwa Kabupaten Majalengka, memiliki potensi alam yang begitu bagus dan kondisi ini memungkinkan untuk tumbuh suburnya potensi sumber daya alam yang melimpah seperti sayuran, buah buahan, pangan juga sektor pariwisata dan beragam sektor lainnya.

“Kami melihat dari faktor itulah sebagai salah satu upaya kami dari satuan Kodim 0617/Majalengka untuk mendukung program pemerintah setempat, muncul suatu ide dan gagasan terobosan baru. Yakni, program ‘Sereh Wangi Sugih Mukti’,” Jelasnya.

Menurut Dandim, bahwa dengan penanaman bibit sereh wangi yang ia lakukan tersebut, guna bisa memberdayakan potensi SDA di lingkungan Desa Bayureja, sekaligus untuk mengenalkan langsung kepada masyarakat sekitar.

“Sereh wangi bisa tumbuh di lahan dataran rendah atau dataran tinggi, di lahan yang tandus kurang air atau pun tanah yang lembab, di bawah tegakan ataupun di ruang terbuka. Sereh wangi bisa bertahan dari kekeringan. Maka kami akan melakukan itu salah satunya di wilayah Desa Bayureja ini dengan bermitra bersama petani dan masyarakat,”tutupnya.

(Iyant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed