by

Dinkes Lambar Imbau Warga Waspadai Penyakit Di Musim Pancaroba

Lampung Barat, Intelmedia.co.id

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat mengimbau agar warga masyarakat yang ada di Kabupaten bumi beguai jejama sai betik itu lebih waspada terhadap penyakit di musim pancaroba.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Lampung Barat, Ira Permatasari mengatakan dampak peralihan musim atau pancaroba rentan timbulkan penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), influenza atau flu-pilek, nyeri sendi, chikungunya, asma, gangguan pencernaan hingga tipes.

Oleh karena itu lanjut ira, begitu sapaan akrab Ira Permata Sari, semua warga masyarakat harus waspada kerana cuaca seperti ini daya tubuh akan melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit yang disebabkan bakteri atau virus.

“Bagi masyarakat yang punya keluhan seperti yang dijelaskan di atas diharapkan untuk segera memeriksakan diri di Puskesmas masing-masing wilayah. Tidak perlu takut, karena gejala Covid-19 dengan sakit karena dampak Pancaroba itu jelas berbeda,” ungkapnya, Rabu (4/8/2021).

“Yang perlu dipahami masyarakat, apabila terkena flu lalu dilakukan rapid antigen tidak mesti hasilnya positif Covid-19 karena alat rapid antigen bisa membedakan virus Covid-19 dan virus flu biasa. Jadi kalau sakit segera berobat agar tidak bertambah parah,” sambungnya.

Infeksi virus di musim pancaroba tambah Ira, bisa dicegah dengan menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stress, dan rajin mencuci tangan utamanya saat habis bepergian keluar rumah.

Selain itu kata Ira, pihaknya telah meminta agar pihak Puskesmas lebih intens, tidak hanya menyoal pandemi wabah virus corona atau Covid-19 melainkan termasuk penyakit lain di musim pancaroba ini. “Dan selalu mengedukasi masyarakat bahwa tidak semua flu tergolong Covid-19,” tutupnya.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed