Kunker Ke Rohul, Pj Gubri Tinjau RSUD & Pemkab Komitmen Lanjutkan Pembangunannya

Kabar Daerah86 Dilihat

Rohul, intelmedia.co.id-  Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Penjabat Gubernur Riau (Gubri), Ir. SF Haryanto, meluangkan waktunya untuk mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu. Selasa (18/06/2024), sebagai bagian dari agenda kerja Pj. Gubernur untuk meninjau perkembangan pembangunan fasilitas kesehatan.

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur Riau didampingi oleh Anggota DPR RI Abdul Wahid, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, serta Anggota DPRD Riau Saparudin Poti dan Syamsurizal. Turut hadir juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu, Anton ST.MM.

Saat tiba di RSUD, rombongan disambut oleh direktur RSUD beserta staf medis. Pj. Gubernur Ir. SF Haryanto menyempatkan diri untuk berkeliling melihat fasilitas yang ada dan berdialog dengan tenaga kesehatan serta pasien. Ia memberikan apresiasi atas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Rokan Hulu, meskipun di tengah keterbatasan sarana dan prasarana.

“Saya sangat menghargai upaya yang telah dilakukan oleh seluruh jajaran RSUD Rokan Hulu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang baik ini patut diapresiasi dan ditingkatkan lagi,” ujar Haryanto.

Selain itu, Pj. Gubernur juga menyoroti pentingnya melanjutkan pembangunan RSUD yang sempat tertunda. Ia menegaskan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung penuh kelanjutan proyek pembangunan rumah sakit yang mangkrak tersebut.

“Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan bahwa pembangunan RSUD ini dapat kembali dilanjutkan,” tambah Haryanto.

Menanggapi hal ini, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, melalui Kepala Dinas PUPR Anton ST.MM, saat di wawancarai oleh awak media ini menyatakan kesiapan pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Anton menyebutkan bahwa pihaknya akan menyusun rencana detail untuk melanjutkan pembangunan RSUD setelah mendapatkan kepastian anggaran.

“Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan RSUD ini. Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan siap untuk bergerak cepat begitu nantinya anggaran telah disetujui,” kata Anton.

Setelah menyelesaikan kunjungan di RSUD, rombongan Pj. Gubernur bertolak menuju Tambusai untuk menghadiri acara Haul Allah Yarham Syekh Maksum yang ke-63 di Kuala Tambusai Desa Mondang Kumango.

Acara ini merupakan salah satu kegiatan religius yang rutin dilaksanakan untuk mengenang jasa dan perjuangan Syekh Maksum, seorang tokoh agama yang sangat dihormati didaerah tersebut.

Usai mengikuti Acara Haul, Anton ST.MM menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang telah diajarkan oleh Syekh Maksum. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus menjalin kebersamaan dan kekompakan dalam membangun daerah.

“Syekh Maksum adalah teladan bagi kita semua. Nilai-nilai yang beliau ajarkan tentang keikhlasan, kebersamaan, dan pengabdian kepada masyarakat harus terus kita pegang teguh. Mari kita bersama-sama membangun Rokan Hulu dengan semangat yang sama,” ucap Kadis PUPR saat diwawancarai oleh awak media.

Acara haul dihadiri oleh ribuan masyarakat yang datang dari berbagai penjuru daerah. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan dengan khusyuk dan penuh haru, mengingat jasa besar yang telah ditorehkan oleh Syekh Maksum dalam sejarah keagamaan dan sosial di Rokan Hulu.

Kunjungan kerja Pj. Gubernur Riau ke Kabupaten Rokan Hulu ini diharapkan dapat membawa angin segar bagi percepatan pembangunan di daerah tersebut, terutama dalam sektor kesehatan yang menjadi prioritas utama.

Komitmen yang ditunjukkan oleh pemerintah provinsi dan daerah diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas bagi masyarakat Rokan Hulu. (Darajat)