by

Pemerintah Berhasil Deteksi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon, Intelmedia.co.id

Meningkatnya jumlah warga yang terdeteksi positif covid-19 di Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu keberhasilan Pemkab Cirebon dalam melakukan tracing penyebaran virus tersebut.

Gencarnya kegiatan tes swab massal dan tracing yang cukup ketat dari gugus tugas covid-19, membuat penyebaran Covid 19 di Kabupaten Cirebon lebih cepat terdeteksi.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, bisa saja pihaknya tidak melakukan tes swab secara masif, agar angka terkonfirmasi positif di Kabupaten Cirebon tidak tinggi, bahkan tidak ada.

“Tapi kami tidak begitu, kami lakukan banyak pemeriksaan, agar segera bisa mendeteksi penyebaran covid-19 ini,” kata Imron, Senin 7 September 2020.

Imron menuturkan, saat ini pihaknya sudah melakukan tes swab kepada 17.685 warga Kabupaten Cirebon. Angka tersebut, hampir mencapai 1 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Cirebon, yaitu sekitar 22ribu jiwa.

Dari sekitar 17.685 warga yang dilakukan tes swab, yang terkonfirmasi positif sebanyak 360 orang, atau hanya 2 persen dari jumlah keseluruhan.

Pihaknya memang melakukan tes swab secara masif, karena untuk kebaikan bersama dan demi melindungi masyarakat. Oleh karena itu, Imron meminta kepada masyarakat, untuk tidak takut jika ada pelaksanaan swab massal.

Karena menurut Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon akan siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Imron mengatakan, jika ada warga Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif, maka pihaknya akan memberikan pelayanan hingga sembuh.

“Jika sehat, dipersilahkan untuk beraktifitas seperti biasa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Imron.

Imron juga meminta kepada masyarakat, untuk melihat juga angka kesembuhan pasien terkonfirmasi covid 19 yang terus meningkat.

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, yang mencatat sebanyak 17 pasien dinyatakan sembuh dalam satu hari. Tren bagus itu, kembali terjadi juga sehari setelahnya, dengan terdapat 26 pasien dinyatakan sembuh.

Meningkatnya tingkat kesembuhan warga terkonfirmasi positif ini, merupakan salah satu bukti kehadiran pemerintah Kabupaten Cirebon, dalam memberikan jaminan kesehatan kepada warganya.

Ia mencontohkan, Kabupaten Cirebon sempat digegerkan dengan terkonfirmasinya 16 warga Trusmi. Namun berkat peran dari pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan kepada warganya, saat ini 16 warga tersebut sudah kembali sehat.

“Sekarang alhamdulillah semuanya sudah sehat,” kata Imron.

Untuk saat ini, jumlah warga Kabupaten Cirebon yang sudah sembuh dari Covid 19, tercatat sebanyak 130 orang, dari 360 warga yang terkonfirmasi positif.

Dari jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif, tidak sedikit juga yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Hal tersebut menunjukkan tingkat imunitas pasien yang cukup bagus.

Imron berharap kepada masyarakat, untuk bisa mengikuti imbauan dan aturan yang diberikan oleh pemerintah dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini. Imron menuturkan, bahwa aturan yang diberikan oleh pemerintah, bukan untuk membatasi gerak masyarakat, namun demi kebaikan bersama.

(Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed