by

Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat, Menggelar Acara Pemberdayaan Ormas Melalui Pembekalan Kemandirian Ormas

Bandung, intermedia.co.id – Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat bersinergi dengan Kemenkumham Jawa Barat menyelenggarakan Pemberdayaan Ormas melalui Pembekalan Kemandirian Ormas, acara ini mengambil tema “Semangat kolaborasi menuju kemandirian Ormas sebagai mitra Pemerintah dalam rangka mewujudkan Jabar Juara” demi terwujudnya kondusifitas di Wilayah Jawa Barat. acara ini digelar bertempat di Hotel Gumilang Jl. Dr. Setiabudi No. 323-325, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bakesbangpol Jawa Barat Dr. Drs. H. R. Iip Hidayat, M.Pd. beserta jajarannya, hadir pula dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat melalui Kepala Bidang Pelayanan Hukum Ahmad Kapi Sutisna.

Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Ormas merupakan perwujudan dari berlangsungnya masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan, dan membela kepentingan rakyat dalam mewujudkan masyarakat yang lebih baik lagi dan tersampaikan aspirasi masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial.

Dengan kekuatan kolektivitas, kemampuan, dan pengorganisasian massa, Ormas berfungsi mengawasi dan terlibat dalam kebijakan-kebijakan atau program-program pembangunan demi berjalannya roda pemerintah dalam berbagai program yang dilaksanakan oleh pemerintah demi kepentingan masyarakat umum.

Di samping itu, Ormas juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial, mereka menengahi berbagai kepentingan yang terjadi diantara kelompok masyarakat, sehingga dapat meminimalisir potensi konflik sosial.

Namun demikian, pada praktiknya kondisi sosial ekonomi di Indonesia yang relatif masih rendah, telah memaksa beberapa pihak menggunakan Ormas dalam menjalankan program-program pemerintah. Karena itu, memperbaiki dan meluruskan kembali peran Ormas merupakan tantangan untuk memperkuat peran mereka dalam rangka turut menciptakan pembangunan dan demokrasi yang lebih baik.

Peran Ormas di wilayah Jawa Barat menjadi penting dan strategis, Ormas turut serta berperan aktif dalam proses pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan serta pemberdayaan organisasi. Peran dan eksistensi Ormas di Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah pembinaan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

Sebagai bentuk langkah pembinaan administratif, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat mencatat ada sekitar kurang lebih 1300 Ormas yang masuk dalam direktori, yang selanjutnya dianggap sebagai Ormas yang aktif menjalankan peran penting dalam kegiatan sosial.

Keberadaan Ormas sebagai salah satu wadah warga, rakyat, masyarakat untuk berekspresi, mengapresiasikan pikirannya di tengah masyarakat. Sangat bermanfaat untuk mengemukakan isi hati nuraninya, menyampaikan segala aspirasi guna mendukung pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Pembangunan tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi atau peran aktif masyarakat, termasuk keberadaan Ormas sebagai sarana komunikasi sosial secara timbal balik antara anggota dan atau antar Ormas dengan organisasi kekuatan sosial politik, kekuatan perwakilan rakyat.

Peran Ormas keberadaannya juga sebagai katalisator, yakni sebagai perantara antara Pemerintah dengan masyarakat. Dalam rangka terjalinnya suatu hubungan yang bersinergi dan harmonis di dalam membangun daerah, demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah dalam berbagai bidang.

Saat awak media menyambangi salah satu peserta dalam acara tersebut Ketua DPD HIPWI Jabar Umar Amaro, SH., beliau mengatakan, “Bahwasanya acara yang digelar oleh Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat sangat baik sekali, dan kami dari berbagai Ormas yang ada di wilayah provinsi Jawa Barat menyambut baik dengan acara ini. Kami sangat mendukung sekali, semoga acara tersebut dapat digelar setiap tahunnya agar semua Ormas dapat menimba ilmu dan juga bagaimana peran pentingnya Ormas kedepannya lebih baik lagi dalam menjalankan perannya sesuai poksinya dan lebih bermanfaat lagi buat masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial dan kegiatan yang lebih baik lagi dalam mendukung berjalannya roda pemerintahan yang lebih maju,” papar Umar Amaro, SH., (Ketua DPD HIPWI Jabar).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai Ormas, LSM, dan Lembaga lainnya yang ada di wilayah Jawa Barat. Ormas dapat berperan setidaknya dalam empat hal, yakni Edukator (pembinaan atau mendidik masyarakat), Agregator (menyampaikan aspirasi, saran, dan masukan), Katalisator dan akselator pembangunan, Sosial kontrol di masyarakat maupun pemerintahan.

Acara Pemberdayaan Ormas melalui Pembekalan Kemandirian Ormas berjalan dengan lancar dan semua peserta melaksanakan kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan terjalin rasa persaudaraan antar Ormas yang lebih baik lagi. Dalam acara tersebut mengambil Moto “Semangat kolaborasi menuju kemandirian ormas sebagai mitra pemerintah dalam rangka mewujudkan Jabar Juara”.

(Team)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.