by

Kapolsek Lelea AKP Ryan Faisal, Pilkada 2020 Di Indramayu Diharapkan Berjalan Kondusif

Indramayu, Intelmedia.co.id

Tahun 2020, Indonesia akan menggelar Pilkada serentak di sejumlah Daerah. Salah satu Kabupaten di Indramayu yang turut melakukan Pilkada 2020. Sejumlah pihak berharap Pilkada ini tidak menimbulkan keributan.

“Kekhawatiran kita akan terganggunya suasana yang kondusif jelang Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Indramayu nanti karena memang sempat terjadi beberapa kejadian, seperti persekusi, demonstrasi, dan tersebarnya berita hoaks di media sosial,” ungkap Kapolsek AKP Ryan Faisal, SIK., Sabtu (25/7/2020).

Ryan berharap, pelaksanaan Pilkada 2020 di Indramayu bisa bersikap netral. Tak hanya itu, diharapkan masyarakat juga mampu menciptakan suasana yang kondusif.

Dikatakannya, kesiapannya mendukung instansi terkait dalam pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 Kabupaten Indramayu untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat mampu menjalankan proses demokrasi secara baik dan benar sebab menurutnya demokrasi bukanlah untuk memecah belah, melainkan justru untuk merekatkan dan memerangi hoaks.

“Mari kita ciptakan situasi dan keamanan serta ketertiban yang kondusif dengan tidak terprovokasi hoax dan ujaran kebencian demi menjaga persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Ia menyebut silaturahmi Kamtibmas se wilayah hukum Polres Indramayu sengaja diadakan dengan tujuan untuk bersinergi agar keamanan dan ketertiban masyarakat tetap aman dan terhindar dari Covid-19.

Dikatakannya, Ryan Kamtibmas merupakan mitra kepolisian di tingkat Desa dan kelurahan. Silaturahmi berbagai unsur masyarakat potensial untuk bekerja sama dan diharapkan nantinya unsur masyarakat menyampaikan Kamtibmas di lingkungan nya masing-masing sehingga akan lebih menyentuh.

Menurutnya, wilayah hukum Polsek Lelea siap menjaga kondusifitas jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Untuk itu pihaknya melakukan pendekatan persuasif kamtibmas untuk menjaga situasi kondusif Pilkada 2020 agar berjalan sukses.

“Bersamaan dengan adanya Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Indramayu, dimana wilayah hukum Polsek Lelea, Tentu peran kepolisian bertanggung jawab untuk mewujudkan Kamtibmas kondusif dan aman dalam perhelatan Pilkada ini,” kata AKP Ryan.

Salah satu elemen pendukung dalam menciptakan kedamaian demokrasi saat Pilkada adalah peran dari peserta pilkada itu sendiri. Oleh sebab itu, para peserta Pilkada 2020 di Indramayu dituntut agar berlaku bijak saat kampanye sehingga tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat karena perbedaan dukungan.

Oleh karena itu dirinya berharap pesta demokrasi di Daerah itu dapat berjalan kondusif. Mari kita ciptakan suasana damai dan tidak memantik kericuhan.

Sementara untuk menciptakan kondusifitas pilkada, pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak- pihak terkait tetap tercipta demokrasi yang damai. “Tentu itu butuh peran bersama termasuk peserta dan masyarakat. Kita menginginkan demokrasi tetap berjalan baik,” katanya.

“Kami terus sosialisasikan. Apalagi ini merupakan sejarah pilkada di tengah pandemi Covid-19. Selain kita menginginkan pelaksanaannya berjalan aman dan lancar, kita juga berupaya agar masyarakat nyaman dan selalu waspada dengan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat pelaksaannya nanti,” terang AKP Ryan

Situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif adalah harapan dan tujuan dari Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat, berbagai upaya dilakukan Kapolsek Lelea Polres Indramayu, melaksanakan Sambang dan penggalangan Kepada seluruh elemen masyarakat.

”Keamanan tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab aparat Kepolisian melainkan tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara,” ungkap AKP Ryan.

”Mari kita wujudkan situasi yang aman dan kondusif serta ciptakan suasana damai menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Indramayu khususnya di wilayah Kecamatan Lelea,” tutur Kapolsek.

Kapolsek, menambahkan “Bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi serta penggalangan dengan semua pihak demi kesuksesan Pilkada Kabupaten Indramayu,” tambahnya.

( Idi. S )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed