by

Keluarga Besar Intelmedia Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Yang Ke-75

Lampung Barat, Intelmedia.co.id

Hari kamis tanggal (1/7/2021) Korp Bhayangkara negara atau kepolisian Republik Indonesia merayakan hari ulang tahunnya yang ke tujuh puluh lima.

Di ulang tahunnya yang ke tujuh puluh lima ini Polri mengusung tema “Transformsi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan covid-19, untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju”. Tema yang sesuai dengan keadaan bangsa indonesia saat ini, Dimana saat ini bangsa Indonesia sedang berjuang bahu-membahu untuk lepas dari pandemi wabah covid-19, dan menuntut Polri untuk menjadi garda terdepan bersama TNI, Pemerintah dan Departemen Kesehatan RI.

Sejak awal kemerdekaan hingga pada saat ini banyak sekali prestasi-prestasi yang telah ditorehkan oleh Polri, Mulai dari ikut berjuang melawan penjajah melalui MOBRIG (Polisi Istimewa) nya atau yang kita kenal saat ini BRIMOB, ikut serta dalam operasi pembebasan irian barat, penumpasan dan penangkapan DI/TII dan Partai Komunis Indonesia(PKI), membasmi kejahatan, menangkap pelaku tindak pidana korupsi (Tipikor), hingga pembasmian separatis dan teroris yang meresahkan negara beberapa tahun yang lalu.

Dihari ulang tahunnya yang ke tujuh puluh lima ini banyak sekali harapan masyarakat kepada institusi Polri, Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi (Pimred) Intelmedia Umar Amaro saat kami hubungi via telpon menyampaikan “Semoga di ulang tahun yang ke-75 ini, Polri semakin profesional dan semakin jaya, Serta semakin bersinergi bermitra dengan media,” tuturnya.

Sejarah terbentuk nya Kepolisian Republik Indonesia Zaman kerajaan majapahit Pada saat zaman kerajaan majapahit patih gajah mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut bhayangkara dan bertugas melindungi raja dan menjaga kerajaan.

Masa kolonial belanda Pada masa kolonial belanda terdapat banyak sekali polisi bentuk-bentuk kepolisian, Seperti veld politie (Polisi Lapangan), Stands Politie(Polisi Kota), Culture Politie(Polisi Pertanian), dan Bestuurs Politie (Polisi Pamong Praja). Pada saat itu diterapkan perbedaan jabatan bangsa belanda dan pribumi. Pribumi tak diperkenankan menjabat hood agent (Bintara), inspektur van politie (Inspektur Polisi) dan comisaris van politie (Komisaris Polisi).

Pribumi hanya diberi jabatan mantri polisi, asisten wedana, dan wedana polisi. Kepolisian modern hindia belanda terbentuk pada 1897-1920 dan merupakan cikal bakal dari terbentuknya Kepolisian Republik Indonesia yang ada saat ini.

Masa pendudukan jepang Pada masa ini jepang membagi wilayah kepolisian indonesia, kepolisian Jawa dan Madura yang berpusat di Jakarta. Kepolisian wilayah Sumatera berpusat di Bukittinggi, kepolisian wilayah timur berpusat di Makassar, dan kepolisian wilayah Kalimantan berpusat di Banjarmasin. Tiap-tiap kantor polisi walaupun di kepalai oleh seorang pribumi. Tapi selalu didampingi oleh pejabat jepang yang disebut sidookaan yang pada praktiknya lebih berkuasa daripada kepala polisi.

Periode awal kemerdekaan Sejarah polri berlanjut pada masa kemerdekaan Indonesia. Pada 19 Agustus dibentuk badan kepolisian negara (BKN) oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Tidak lama setelah presiden soekarno-hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, secara resmi kepolisian menjadi kepolisian indonesia merdeka. Dan pada tanggal 29 September 1945 presiden Soekarno melantik R.S.Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi kepala kepolisian negara(KKN). Pada awalnya kepolisian Republik Indonesia berada dalam lingkup kementerian dalam negeri dengan nama Djawatan kepolisian negara yang bertanggung jawab hanya masalah sdministrasi, sedangkan untuk masalah operasional bertanggung jawab pada Jaksa agung.

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan penetapan pemerintah tahun 1946 No.11/S. D Djawatan kepolisian negara bertanggung jawab langsung kepada perdana menteri. Dan tanggal 1 juli inilah yang setiap tahun di peringati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

(Sul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed