by

Disperindagkop UMKM Kabuputen Nagan Raya Buka Pelatihan, Merubah Limbah Plastik Menjadi Karya Seni

Nagan Raya, Intelmedia.co.id – Disperindagkop bidang UMKM Kabuputen Nagan Raya, melakukan pelatihan membuat seni bunga dan Sendal Jepit yang diikuti remaja usia 18, sampai Ibuk Rumah Tangga Usia 36 tahun yang tolal keseluruhan mencapai 15 Orang Peserta yang mengikuti pelatihan dam pelatihan di tutup pada Hari Kamis (02/12/2021), Sabtu (04/12/2021).

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nagan Raya melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan, untuk pengajaran kreasi daur ulang sampah menjadi bahan kreativitas yang bernilai ekonomis.

Penggunaan kantong plastik memang tak bisa dihindari, Sampah kantong plastik pun kerap menjadi masalah bagi lingkungan. Disperindagkop menyulap kantong plastik bekas menjadi kreasi bunga hias yang indah dan bernilai jual tinggi.

Warna-warni bunga daun hias dan sandal jepit ini terlihat cantik dan memukau bagi siapa saja yang melihatnya, juga bunga hias dan sendal jepit ini tampak seperti asli. Padahal berasal dari kantong kresek bekas yang biasa digunakan untuk menampung belanjaan di pasar.

Selain menyulap limbah plastik menjadi bunga dan sendal jepit yang mempunyai nilai jual tinggi, Disperindagkop juga melakukan pelatihan seperti sulaman benang emas, batok kelapa yang semua terbuat dari limbah masyarakat yang mempunyai daya jual yang lebih tinggi di pasaran.

Saat dikonfirmasi awak Media Kabid Disperindagkop bidang UMKM, Ridiani Pitri S.Sos menjelaskan bahwasanya program ini merupakan program pengembangan UMKM sendiri, tujuan dari pelatihan ini adalah agar mereka yang bergelut di pemanfaatan barang barang bekas, Disperindagkop bidang UMKM hanya mengembangkan bakat dari para peserta pengrajin barang bekas.

Selain itu motivasi diberikan Kabid Disperindagkop kepada para peserta pelatihan pengajaran Kreasi daur ulang sampah menjadi kreativitas yang mempunyai nilai jual yang ekonomis, walaupun Pandemi Covid-19 seharusnya tidak membuat pengerajin menjadi lemah, tapi sebaliknya harus lebih kuat dan berdaya saing.

Para peserta pelatihan harus bisa lebih hebat lagi, kita dampingi. Kita siapkan pasarnya. Yang nasional kita carikan teman sebagai mitra. Dan fakta, bukan retorika, meski pandemi Covid-19, Jadi harus tetap yakin dan semangat,” tegas Kepala Bidang Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM kabupaten Nagan Raya Kabid Disperindagkop UMKM, Ridiani Pitri S. Sos pada kesempatannya Melakukan kegiatan pelatihan.

Selain itu Kabid Disperindagkop dalam harapan nya UMKM di Nagan Raya harus maju dan berkembang di bidang sektor UMKM. Kadis Disperindagkop Nagan Raya, Mohd Nasir TA SP, memberikan perhatian sangat serius. Setidaknya 15 para peserta yang mengikuti pelatihan dari Tgl 27/11/2021sampai terakhir (02/12/2021) Meliputi pelatihan terkait capacity building (peningkatan sumber daya manusia), serta desain dan teknologi bagi UMKM pelatihan pemanfaatan barang bekas dalam Kabupaten Nagan Raya.

“Jadi tidak perlu diragukan lagi Disperindagkop telah membuka Geleri yang bertampat di Simpang Empat Nagan Raya dan Di Kecamatan Darul Makmur Nagan Raya, untuk masyarakat Nagan Raya dan luar kabupaten sekitar bisa langsung membeli langsung ke alamat di atas, dan bisa juga pesan melalui Instagram Galeri UMKM Nagan Raya untuk informasi lebih lanjut.

(Des)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.