Menlu Retno: Indonesia Tunjukkan Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Nasional46 Dilihat

Jakarta, intelmedia.co.id – Diplomasi Indonesia telah melakukan berbagai aksi nyata dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia telah menunjukkan komitmen dan kepemimpinan dalam mengatasi perubahan iklim di berbagai forum multilateral.

“Indonesia memimpin dengan memberi contoh untuk menurunkan laju deforestasi dan kebakaran hutan, rehabilitasi hutan mangrove dan lahan kritis, dan menargetkan emisi nol bersih selambat-lambatnya pada 2060,” ujar Menlu Retno, Selasa (9/1/24).

Menlu Retno menyebut langkah nyata Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim juga ditunjukkan dengan menjadi salah satu inisiator Asia Zero Emission Community (AZEC) bersama Jepang.

AZEC merupakan platform kerja sama untuk mendorong pencapaian emisi nol bersih di kawasan. Negara peserta AZEC selain Indonesia dan Jepang adalah Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Indonesia bahkan mendapat dukungan Jepang untuk 24 proyek transisi energi, sebagai hasil konkret dari KTT yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, akhir tahun lalu. Proyek-proyek transisi energi yang mendapat dukungan Jepang merupakan kerja sama dengan sejumlah pihak, antara lain dengan PT PLN (Persero), dengan PPT Energy Trading Co Ltd, dengan Pupuk Indonesia, dan dengan Otorita IKN.

Selain itu, Indonesia juga telah memiliki mekanisme pembiayaan inovatif yang kredibel untuk melakukan transisi energi menuju energi terbarukan, yakni melalui Energy Transition Mechanism dan Just Energy Transition Partnership (JETP), yang diluncurkan di sela-sela KTT G20 di Bali pada November 2022.

“Untuk itu, Indonesia terus mendorong agar setiap negara memiliki tanggung jawab bersama dalam melawan perubahan iklim,” tutup Menlu Retno.

(Mar)