by

PPHI Hadir Dalam Sosialisasi Pembinaan Organisasi Bidang Ketahanan Bangsa Dan Ormas Yang Di Selenggarakan Kesbangpol Kab. Cirebon

Cirebon, Intelmedia.co.id

Seluruh ormas dan lembaga yang ada di Kabupaten Cirebon mendapatkan sosialisasi pembinaan organisasi kemasyarakatan bidang ketahanan bangsa dan ormas tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2020, oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon yang diselenggarakan di Aula Meeting Room Universitas Muhammadiyah Cirebon. Kamis (19/11/2020).

Marhendi S.H MH Ketua PPHI Kabupaten Cirebon mengatakan kami dari PPHI diundang oleh Kesbangpol dalam rangka pembinaan yaitu sosialisasi pembinaan organisasi kemasyarakatan bidang ketahanan bangsa dan ormas.

“PPHI adalah suatu lembaga praktisi hukum Indonesia yang bersifat independent, kita lebih cenderung sebagai wadah yang berfungsi Untuk memperjuangkan kolektivitas dari semua elemen masyarakat dalam arti untuk ikut berpartisipasi membantu program-program Pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Cirebon,” jelas Marhendi S.H MH.

“Visi PPHI di sini adalah terwujudnya nilai kepercayaan masyarakat dalam upaya ikut serta berpartisipasi dalam mengontrol, dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis, penegakan supremasi hukum yang berkeadilan dan birokrasi yang bebas dari KKN,” ungkapnya.

PPHI Hadir Dalam Sosialisasi Pembinaan Organisasi Bidang Ketahanan Bangsa Dan Ormas Yang Di Selenggarakan Kesbangpol Kab. Cirebon

 

“Sedangkan misi PPHI yaitu memberdayakan masyarakat dalam memperjuangkan terciptanya suatu sistem politik, hukum, dan birokrasi yang bersih dari KKN dengan cara ikut berpartisipasi, memantau dalam proses perencanaan, penetapan, pelaksanaan, dan pengawasan sebagai sosial kontrol terhadap kebijakan-kebijakan,” ujarnya.

“Terutama dalam kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan masalah penegakan hukum dan keadilan khususnya kami yang berkedudukan di Kabupaten Cirebon, kebijakan apa yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

“Agenda kami yang artinya ada dari agenda untuk tahapan-tahapan, yang nantinya bersama-sama dengan lintas sektoral, imstansi terkait dan dari organisasi atau ormas LSM yang lain. Untuk melakukan penyuluhan-penyuluhan hukum. Apakah itu penyuluhan tentang masalah Hukum penyuluhan tentang masalah kesehatan dan ketertiban, terutama dalam di masa pandemi covid-19,” tutupnya.

Sementara Ade Kendra dari Kesbangpol menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan agar organisasi tersebut mengetahui tentang tegas fungsi peran oreantasi.

“Sinergitas antara ormas dengan pemerintah harus sejalan dalam rangka menangani covid-19 yang selama ini mungkin masih belum hilang dari Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Dari Kesbangpol sendiri berharap setelah kegiatan ini adanya sinkronisasi antara pemerintah dalam menangani covid-19, serta dalam rangka menuntaskan supaya tidak terjadinya penularan-penularan di masyarakat,” tutupnya.

(Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed