Mengenal SiPEPEK: Aplikasi Layanan Masyarakat Kurang Mampu di Cirebon

Kabar Daerah119 Dilihat

Cirebon, intelmedia.co.id – SiPEPEK adalah sistem pelayanan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu di Kabupaten Cirebon. Aplikasi ini merupakan hasil inovasi dari Pemerintah Kabupaten Cirebon yang bertujuan untuk mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

SiPEPEK adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mendukung warga kurang mampu di Kabupaten Cirebon. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon, Dra Indra Fitriani MM, menjelaskan bahwa aplikasi ini adalah bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 untuk mewujudkan manusia berkualitas.

Aplikasi ini bertujuan memberikan layanan yang komprehensif dan mudah diakses bagi masyarakat tidak mampu. SiPEPEK membantu dalam pengelolaan administrasi pelayanan kesejahteraan sosial secara efisien dan ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas (paperless).

SiPEPEK adalah inovasi dalam pelayanan administrasi dan reformasi birokrasi di Kabupaten Cirebon. Aplikasi ini mendukung penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) dan berfungsi sebagai jembatan dalam memberikan kemudahan administrasi.

Penggunaan nama ‘pepek’ dalam SiPEPEK mencerminkan kecintaan terhadap bahasa daerah Cirebon, di mana ‘pepek’ berarti lengkap atau semuanya ada. Nama ini dipilih untuk melestarikan bahasa daerah dan memberikan makna positif bagi masyarakat Cirebon.

Dra Indra Fitriani berharap bahwa SiPEPEK dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Cirebon. Ke depan, layanan SiPEPEK tidak hanya melayani pengajuan PBI APBD, KIP, dan subsidi listrik, tetapi juga semua PPKS yang terintegrasi dalam aplikasi ini. Dinsos Kabupaten Cirebon terbuka menerima kritik dan saran untuk terus meningkatkan layanan.

(Mar)