by

Pemkab Lampung Barat Bersama Kementerian Agama Dan MUI Lampung Barat Mengeluarkan Maklumat Terkait Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha

Lampung Barat, Intelmedia.co.id

Maklumat tersebut menindaklanjuti keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 11 Tahun 2020, tentang Penerapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Disease 2019 (Covid-19) dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor : 15 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyah / 2021 Masehi serta Instruksi Bupati Lampung Barat Nomor : 01 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease  di Tingkat Pekon dan Kelurahan.

Menanggapi maklumat tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Akmal Abdul Nasir SH., Dalam acara coffe morning 19-7-2021 menekankan melalui Satuan Kerja  terkait agar dapat menyampaikan terhadap pihak kecamatan hingga pekon dan kelurahan untuk melaksanakan maklumat tersebut. “Kepada Satker yang membidangi untuk dapat segera menyampaikan isi dari Maklumat tersebut, agar masyrakat tidak bingung terkait pelaksanaan solat idul adha dan pelaksanaan qurban besok,” terangnya.

Dalam maklumat tersebut terdapat beberapa point, diantaranya: Malam Takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid/mushola dengan ketentuan, dilaksanakan secara terbatas paling banyak 10% dari kapasitas masjid/mushola dengan memperhatikan standar protokol kesehatan covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghundari kerumunan. Kegiatan takbir keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan. Kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushola sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan mushola.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed