by

Lampung Barat Sentra Penghasil Kopi Robusta Terbesar Di Provinsi Lampung

Lampung Barat, Intelmedia.co.id – Pada era zaman seperti sekarang ini kopi sudah menjadi sesuatu yang kompleks dan sangat dibutuhkan,terbukti dengan banyak nya bermunculan caffe-caffe dan warung kopi yang menyediakan minuman ini,dan pada saat ini minuman kopi pula menjadi icon sebuah pertemanan atau persahabatan,
Serta dari hasil penelitian hampir separuh masyarakat di indonesia bahkan dunia gemar mengkonsumsi minuman kopi,Baik minuman kopi yang disajikan secara manual hingga berupa kemasan botolan siap seduh.

Namun tahu kah anda bahwa kopi yang terhidang di Caffe,Warung Kopi,hingga Restaurant ini,adalah hasil karya dan jerih payah dari tangan-tangan para petani yang dengan tekun mengelola perkebunan-perkebunan kopi yang mereka miliki,sehingga menghasilkan biji kopi yang bermutu tinggi dan enak untuk di konsumsi sebagai minuman berkelas.

Di Pulau Sumatera dataran yang menjulang dari Aceh hingga ke Lampung ini banyak kita temui tanaman-tanaman kopi yang secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu sejak zaman kolonial belanda.
Terutama di Kabupaten Lampung Barat,Provinsi Lampung,mayoritas masyarakat nya disini menggantung kan hidup nya dari sektor pertanian kopi,khususnya kopi jenis Robusta

Kopi Robusta atau dengan nama ilmiah Coffea Canephora adalah tanaman kopi yang tumbuh subur dikabupaten ini dan dapat tumbuh di ketinggian 400-700 mdpl serta mempunyai ketahanan yang lebih dari jenis-jenis kopi yang lain nya terutama pada saat musim kemarau.

Asal-usul kopi Robusta pertama kali ditemukan oleh ahli Botani Belgia dikongo pada tahun 1898,Robusta adalah tanaman asli dari Afrika,yang tumbuh di beberapa negara seperti Kongo,Sudan,Liberia,dan Uganda.

Sejarah kopi sendiri di Indonesia menyebutkan tanaman kopi mulai di tanam secara besar-besaran dan menjadi tanaman perkebunan di Indonesia pada awal abad ke 20,yang pertama kali di perkenalkan oleh kolonial belanda dengan mendatangkan jutaan bibit kopi ke indonesia termasuk kopi jenis Robusta,dan saat ini produksi Kopi Indonesia berada dibawah Vietnam dan Brazil sebagai penghasil robusta terbesar didunia.

Sedangkan di Lampung Barat sendiri produksi kopi robusta masih terkendala dengan harga pupuk dan obat-obatan yang tidak seimbang dengan harga komoditas dan biaya transportasi kopi itu sendiri,dimana di tingkat pengepul kopi robusta berkisar antara harga 20 ribu hingga 23 ribu per/kilo.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan harga pasar kopi,melalui berbagai promosi,festival,hingga kejuaraan,untuk mendongkrak harga jual kopi robusta yang ada di Kabupaten ini.

Dan salah satu wujud kecintaan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kepada petani kopi serta mengingat Lampung Barat sebagai sentra kopi terbesar di Provinsi Lampung, Pemerintah dalam hal ini Bupati Lampung Barat Bpk,H,Parosil Mabsus mendirikan beberapa gerai agro wisata berbasis kopi,Seperti mendirikan Sekolah Kopi dan Taman Wisata Kampung Kopi Rigis Jaya Dimana bila anda berkunjung ke tempat ini anda bisa memesan minuman kopi dengan berbagai Citarasa.

Citarasa kopi Robusta cenderung lebih pahit,rasa pahit tersebut bersumber dari kafein robusta yang lebih tinggi dari arabika Bagi penikmat kopi yang ingin mecari manfaat kafein,Robusta adalah pilihan yang tepat.

Nah bagi anda para penikmat kopi khususnya kopi Robusta,tidak ada salahnya anda berkunjung ke Lampung Barat untuk sekedar melihat panorama perkebunan kopi yang terbentang sejauh mata memandang,dan bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya kopi robusta Lampung Barat disini pula banyak kedai-kedai kopi yang menyediakan kopi asli tanpa campuran tambahan.

(Soel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *